PERANCANGAN DAN ANALISIS KINERJA APLIKASI BERBASIS WEB PROGRAMMING UNTUK PENGUJIAN KUALITAS AUDIO DENGAN METODE SUBJECTIVE TEST

Indra, Margani (2017) PERANCANGAN DAN ANALISIS KINERJA APLIKASI BERBASIS WEB PROGRAMMING UNTUK PENGUJIAN KUALITAS AUDIO DENGAN METODE SUBJECTIVE TEST. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
TA Fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Subjective test merupakan pengujian yang dilakukan untuk menilai kualitas audio secara perceptual. Metoda yang digunakan untuk subjective test ini adalah rekomendasi ITU-R BS.1116-1. Pengujian audio dengan menggunakan form kertas memiliki beberapa kekurangan seperti kemungkinan terjadi error dalam pengisian data. Pada penelitian ini dirancang aplikasi berbasis web programming untuk pengujian audio. Tahapan perancangan sistem menggunakan metode waterfall yaitu rancangan sistem pengujian, coding, testing, dan tahapan evaluasi. Kinerja dari aplikasi berbasis web programming ini sudah baik, 91.67% dari listener setuju bahwa sistem ini dapat memberikan beberapa kemudahan, diantaranya lebih mudah memahami instruksi, lebih mudah dalam mengisi data, lebih praktis, dan sistem ini dapat meminimalisir terjadinya error dalam pengisian data. Dari pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan aplikasi web programming, hasil yang didapatkan sesuai dengan yang diharapkan. Nilai SDG, ODG, dan SNR akan semakin besar seiring dengan meningkatnya nilai bit rate. Kata kunci : subjective test, ITU-R BS.1116-1, web programming, SDG, ODG, SNR.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 30 Jan 2017 03:40
Last Modified: 30 Jan 2017 03:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/21801

Actions (login required)

View Item View Item