PENYISIHAN AMONIUM DAN FOSFOR PADA AIR LIMBAH ARTIFISIAL DENGAN KOMBINASI SISTEM PARTIAL NITRIFIKASI-ANAMMOX DAN PRESIPITASI STRUVITE

Asep, Tri Rizki Putra (2023) PENYISIHAN AMONIUM DAN FOSFOR PADA AIR LIMBAH ARTIFISIAL DENGAN KOMBINASI SISTEM PARTIAL NITRIFIKASI-ANAMMOX DAN PRESIPITASI STRUVITE. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (470kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sistem pengolahan air limbah dengan proses partial nitrifikasi-anammox (PN/A) dan presipitasi struvite untuk penyisihan amonium dan fosfor dapat menjadi alternatif dalam menyisihkan polutan limbah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja penyisihan amonium dan fosfor dari efluen yang dihasilkan dari proses partial nitrifikasi-anammox dan presipitasi struvite, serta menganalisis faktor yang mempengaruhi proses PN/A dan presipitasi struvite. Reaktor yang dioperasikan sebanyak dua buah, reaktor I tempat proses partial nitrifikasi-anammox menggunakan reaktor Fixed Bed Reactor (FBR) dan reaktor II tempat proses presipitasi struvite menggunakan reaktor kolom. Pengayaan bakteri menggunakan bakteri Anammox spesies Candidatus Brocadia fulgida yang dikultivasi di Laboratorium Mikrobiologi Lingkungan, Universitas Andalas pada suhu ambien. Amonium dan fosfor ditambahkan dengan konsentrasi substrat masing-masing 180 mg/L dan 80 mg/L dengan HRT 12 jam. Analisis dilakukan dengan melihat konsentrasi amonium, fosfor, pH dan DO (Dissolved Oxygen). Metode analisis yang digunakan yaitu metode nessler untuk amonium dan asam askorbat untuk fosfor dengan menggunakan alat spektrofotometer. Tingkat penyisihan amonium dan fosfor diketahui dengan perhitungan ammonium conversion efficiency (ACE) dan efisiensi penyisihan fosfor. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai ACE dan Efisiensi Penyisihan Fosfor berturut-turut pada reaktor I adalah 40% dan 27%, reaktor II 58% dan 57%. Proses partial nitrifikasi-anammox mengalami inhibisi yang ditandai dengan tingginya konsentrasi nitrit dan oksigen terlarut. Proses presipitasi struvite dipengaruhi oleh suhu, pH, dan ion kristal seperti terbentuknya magnesium karbonat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Reri Afrianita, M.T
Uncontrolled Keywords: anammox, Fixed Bed Reactor, inhibisi, kultivasi, struvite.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:17
Last Modified: 29 Sep 2023 07:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216744

Actions (login required)

View Item View Item