AKTIVITAS NANOEMULSI CAMPURAN LIMBAH SERAI WANGI (Cymbopogon nardus) DAN MINYAK SIRIH HUTAN (Piper aduncum) UNTUK MENGENDALIKAN Plutella xylostella L. (Lepidoptera: Plutellidae)

Rani, Winda yanti (2023) AKTIVITAS NANOEMULSI CAMPURAN LIMBAH SERAI WANGI (Cymbopogon nardus) DAN MINYAK SIRIH HUTAN (Piper aduncum) UNTUK MENGENDALIKAN Plutella xylostella L. (Lepidoptera: Plutellidae). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK 1.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Plutella xylostella merupakan salah satu hama utama pada tanaman kubis-kubisan (Brasicaceae). Nanoemulsi campuran limbah serai wangi (Cymbopogon nardus) dan minyak sirih hutan (Piper aduncum) diketahui memiliki aktivitas insektisida. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi nanoemulsi dari limbah serai wangi yang dicampurkan minyak atsiri Piper aduncum terhadap Plutella xylostella. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2022 di Laboratoriom Bioekologi Serangga Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), meliputi uji pendahuluan dan uji lanjutan. Uji lanjutan dilakukan dengan menggunakan 6 taraf konsentrasi (0,0%, 0,005%, 0,01%, 0,03% dan 0,07%, 0,15%) dan terdiri dari 5 ulangan. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode celup daun. Parameter yang diamati adalah: mortalitas larva, antifeedant, lama perkembangan larva,serta pembentukan pupa dan imago. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nanoemulsi dengan konsentrasi 0,07% menyebabkan mortalitas larva sebesar 92%, antifeedant, dan menghambat perkembangan larva, serta mempengaruhi pembentukan pupa dan imago. Hasil analisis probit mortalitas larva menunjukan nilai LC50 adalah 0,014% dan LC95 adalah 0,085%

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eka Candra Lina, SP. M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 20 Sep 2023 08:36
Last Modified: 20 Sep 2023 08:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216710

Actions (login required)

View Item View Item