IMPLEMENTASI BUSINESS INTELLIGENCE MENGGUNAKAN VISUALISASI DASHBOARD DAN FORECASTING PADA DATA PASIEN DIARE DINAS KESEHATAN KOTA JAMBI

Muhammad, Rafi (2023) IMPLEMENTASI BUSINESS INTELLIGENCE MENGGUNAKAN VISUALISASI DASHBOARD DAN FORECASTING PADA DATA PASIEN DIARE DINAS KESEHATAN KOTA JAMBI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (74kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (77kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dinas Kesehatan Kota Jambi merupakan bagian dari pemerintah yang bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat, pelayanan kesehatan, dan pemenuhan segala kebutuhan kesehatan. Untuk mencapai tujuan dan mengatasi diare yang menjadi penyakit paling umum di Provinsi Jambi, diperlukan rencana strategis dengan program dan monitoring evaluasi yang tepat. Dinas Kesehatan Kota Jambi mencatat, sebanyak 3.594 kasus diare pada tahun 2021. Penyakit diare dapat menyebabkan komplikasi lain seperti dehidrasi, malnutrisi bahkan kematian dapat terjadi jika tidak segera diatasi. Oleh karena itu diperlukan evaluasi dan validasi data di bidang kesehatan masyarakat untuk kasus diare. Dinas Kesehatan Kota Jambi menggunakan aplikasi SIHEPI (Sistem Informasi Hepatitis dan PISP). Namun, Proses analisis data dari sistem ini masih dilakukan secara manual, dengan mengolah data terlebih dahulu dalam Microsoft Excel, yang memakan waktu lama dan memperlambat pengambilan keputusan pihak Dinas Kesehatan Kota Jambi. Salah satu cara untuk menangani situasi tersebut adalah dengan mengimplementasi Business intelligence dalam pengolahan data, visualisasi, dan forecasting untuk membantu Dinas Kesehatan melakukan analisis data yang lebih cepat dan efisien. Dengan menggunakan Pentaho Data Integration (PDI) dan business intelligence, data diproses untuk dashboard visualisasi grafik data pasien diare, serta meramalkan jumlah pasien diare tiga tahun mendatang melalui metode forecasting. hasil penelitian ini berupa visualisasi menggunakan dashboard yang responsif dan sederhana dalam pemahaman, bersama dengan kemampuan forecasting yang mampu meramalkan kunjungan pasien diare dalam tiga tahun mendatang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fajril Akbar, M.Sc. and Dwi Welly Sukma Nirad, M.T.
Uncontrolled Keywords: Dinas Kesehatan Kota Jambi, business intelligence, dashboard, forecasting, visualisasi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 23 Sep 2023 06:23
Last Modified: 23 Sep 2023 06:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216491

Actions (login required)

View Item View Item