Analisa Dan Perancangan Jaringan Sensor Nirkabel Untuk Mendeteksi Gerak Benda dengan Metode Client-Server Menggunakan IPV6

Muhammad, Rafijul Nursyam (2023) Analisa Dan Perancangan Jaringan Sensor Nirkabel Untuk Mendeteksi Gerak Benda dengan Metode Client-Server Menggunakan IPV6. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (433kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Tugas Akhir_Muhammad Rafijul Nursyam.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan internet yang disertai berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi sejalan dengan hadirnya revolusi industry 4.0 yang mendorong adanya inovasi pada dunia teknologi. Komunikasi data antar perangkat memerlukan IP yang diberikan pada jaringan komputer dan peralatan jaringan menggunakan protokol TCP/IP. Alamat IP yang digunakan adalah IPv4 dan IPv6. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi gerak benda menggunakan jaringan sensor nirkabel dengan metode client-server dan menampilkan data dalam bentuk grafik real-time maupun yang sudah berlalu pada website serta mengetahui perbandingan kinerja IPv4 dan IPv6 menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP) dengan membandingkan Quality of Service dari jaringan yang dibuat. QoS dari jaringan yang dibuat memiliki Throughput pada TCP IPv4 sebesar 18,687 Kbps dan pada TCP IPv6 sebesar 48,593 Kbps. Pada protokol UDP IPv4 memiliki nilai Throughput sebesar 6,914 Kbps dan pada UDP IPv6 sebesar 57,262 Kbps. Delay pada TCP IPv4 sebesar 38,319 ms dan IPv6 sebesar 18,894 ms. Pada UDP IPv4 nilai delay sebesar 102,711 ms dan pada IPv6 sebesar 12,693 ms. Berdasarkan QoS IPv6 lebih baik dibandingkan dengan IPv4. Dan Protokol UDP lebih baik digunakan untuk suatu sistem monitoring gerak benda, karena harus menampilkan data secara realtime sehingga membutuhkan komunikasi data yang cepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Darmawan, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Monitoring, Quality of Service, Throughput, Delay, IPv4, IPv6
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 20 Sep 2023 09:06
Last Modified: 20 Sep 2023 09:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216419

Actions (login required)

View Item View Item