PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI PROGRAM GENERASI BERENCANA (GENRE)

Sa'adatul, Muthia (2023) PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI PROGRAM GENERASI BERENCANA (GENRE). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (800kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
bab 1 skripsi saadatul-18-30.pdf - Published Version

Download (412kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
bab 5 skripsi saad-89-90.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka saadatul-91-95.pdf - Published Version

Download (506kB)
[img] Text (Full Text)
skripsi akhir sa'adatul muthia 1910322022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang sering ditemui pada mahasiswa yang mengikuti program GenRe adalah merasakan cemas, takut, dan memiliki pikiran negatif ketika berbicara di depan umum yang dapat mempengaruhi performa mereka. Untuk mengatasi persoalan ini, dibutuhkan upaya dari dalam diri mahasiswa GenRe salah satunya yaitu self-efficacy.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa Yang mengikuti program GenRe. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain regresi linear sederhana. Penelitian ini dilakukan pada 100 mahasiswa GenRe dengan menggunakan metode voluntary sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu General Self- Efficacy Scale dari Schwarzer dan Jerusalem (1995) yang telah diadaptasi oleh Novrianto dkk. (2019) dan Personal Report of Public Speaking Anxiety dari Mc Croskey (1970). Hasil penelitian membuktikan bahwa self-efficacy secara signifikan berpengaruh terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa yang mengikuti program GenRe. Hasil tersebut dapat dilihat dari nilai signifikansi sebesar .00 (p < .05) dan nilai koefisien R2 (R-square) sebesar .196 yang berarti bahwa self- efficacy mempengaruhi kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa yang mengikuti program GenRe sebesar 19.6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Septi Mayang Sarry, M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa GenRe, Kecemasan Berbicara Di Depan Umum, Self-Efficacy
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: S1 Psikologi Psikologi
Date Deposited: 20 Sep 2023 07:40
Last Modified: 20 Sep 2023 07:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216403

Actions (login required)

View Item View Item