Analisis Usaha Keripik Sanjai Sebelum Pandemi Covid-19, Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat(PPKM), dan Kondisi Saat Ini di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi

Aulia, Suci Desila (2023) Analisis Usaha Keripik Sanjai Sebelum Pandemi Covid-19, Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat(PPKM), dan Kondisi Saat Ini di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil usaha dan aspek manajemen usaha keripik sanjai di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi, serta menganalisis keuntungan dan titik impas usaha sebelum pandemi covid-19, selama PPKM dan kondisi saat ini. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan penelitian survei. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 01 Mei - 02 Juni 2023. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung dengan informan kunci pada usaha keripik sanjai dan studi literatur yang berkaitan dengan penelitian. Terdapat tiga usaha keripik sanjai di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan yang menjadi fokus penelitian, yaitu Sanjai Amak Haji, Sanjai Minang Maimbau, dan Sanjai Nina. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam aspek produksi, bahan baku dibeli dari distributor Kota Payakumbuh dan Nagari Gadut. Sumber daya manusia yang digunakan adalah tenaga kerja luar. Dalam aspek pemasaran, penetapan harga dilakukan dengan memperhitungkan biaya produksi ditambah dengan jumlah biaya tertentu. Pada aspek keuangan, modal awal usaha berasal dari modal sendiri, namun pencatatan keuangan belum sesuai dengan kaidah akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha sanjai Nina paling terdampak selama PPKM dengan keuntungan yang lebih rendah daripada usaha lainnya. Namun, pada kondisi saat ini, usaha Sanjai Amak Haji dan usaha Sanjai Nina mengalami pemulihan lebih cepat dibandingkan dengan usaha Sanjai Minang Maimbau. Dan perkembangan usaha yang dilakukan ketiga usaha yaitu menciptakan inovasi dan memanfaatkan strategi pemasaran melalui media sosial. Disarankan kepada pemilik usaha agar melakukan perencanaan yang lebih matang dalam pengelolaan usaha dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Mahdi, SP. M.Si. Ph.D
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Keripik Sanjai, PPKM, Keuntungan, Titik Impas
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:56
Last Modified: 20 Sep 2023 02:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216363

Actions (login required)

View Item View Item