Annisa, Faraditta (2016) Perilaku Komunikasi Pedagang di Kawasan Wisata Religi (Studi Deskriptif Pedagang Kawasan Wisata Religi Makam Syekh Burhnuddin di Ulakan Kabupaten Padang Pariaman ). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I Pendahuluan)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 5 Penutup / Kesimpulan)
3. BAB 5 KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (126kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
5. SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Lingkungan yang erat dengan suasana religi akan mempengaruhi interaksi dan perilaku komunikasi masyarakat. Penelitian ini meneliti tentang perilaku komunikasi yang terjadi antara sesama pedagang, perilaku komunikasi pedagang dengan pembeli hingga dengan pengelola makam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku komunikasi pedagang di Kawasan Wisata Religi Makam Syekh Burhanuddin di ulakan Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori Interaksionisme Simbolik untuk menganalisa permasalahan. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivis. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini diambil dengan cara snowball. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua kriteria pedagang yang berada di Kawasan Wisata Religi yaitu pedagang yang menjual makanan yang lapak dagangannya berada di luar pekarangan makam dan pedagang yang menjual barang- barang religius berada di dalam pekarangan makam. Perilaku komunikasi yang dilakukan pedagang di Kawasan Wisata religi berbeda-beda berdasarkan lokasi lapak para pedagang tersebut. Pedagang yang berada di dalam pekarangan lebih sering berinteraksi dengan sesama pedagang dan dengan pembeli. Selain itu, pedagang ini juga lebih aktif dari segi kegiatan ibadah. Sedangkan kebalikannya, pedagang yang berada di luar pekarangan makam tidak terlalu berinteraksi dengan sesama pedagang dan pembeli karena letak lapak dagangan yang tidak kondusif. Kata Kunci : Perilaku Komunikasi, Pedagang, Kawasan Wisata Religi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 27 Jan 2017 02:28 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 02:28 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/21634 |
Actions (login required)
View Item |