Pengaruh Variasi Konsentrasi Kalsium Klorida (CaCl2) terhadap Mutu Buah Pisang Kepok Tanjung (Musa paradisiaca L.) Selama Penyimpanan

Aulia, Septia Pitri (2023) Pengaruh Variasi Konsentrasi Kalsium Klorida (CaCl2) terhadap Mutu Buah Pisang Kepok Tanjung (Musa paradisiaca L.) Selama Penyimpanan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dab Abstrak.pdf - Published Version

Download (833kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (833kB)
[img] Text (BAB 5 (Penutup))
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pisang Kepok Tanjung termasuk produk hortikultura yang bersifat klimaterik yang ditandai dengan terjadinya peningkatan produksi etilen dan laju respirasi selama proses pematangan, sehingga dapat mempercepat terjadinya penurunan mutu. Salah satu teknik yang dapat diaplikasikan untuk memperlambat laju respirasi adalah dengan cara perendaman buah ke dalam larutan kalsium klorida (CaCl2). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menentukan perlakuan konsentrasi kalsium klorida (CaCl2) terbaik terhadap mutu buah Pisang Kepok Tanjung (Musa paradisiaca L.) selama penyimpanan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 1 Faktor. Faktor yang diteliti adalah konsentrasi kalsium klorida (CaCl2) yang berbeda, yaitu 0,9%, 1,2%, 1,5%, dan kontrol (tanpa CaCl2). Perendaman dalam larutan CaCl2 dilakukan selama 120 menit. Konsentrasi kalsium klorida (CaCl2) 1,5% merupakan perlakuan terbaik terhadap mutu buah Pisang Kepok Tanjung berdasarkan parameter susut bobot, kekerasan, warna hue, total padatan terlarut, dan jumlah mikroba. Nilai pengamatan yang didapatkan pada perlakuan terbaik yaitu susut bobot sebesar 5,308%, warna hue sebesar 12,1780, kekerasan 22,570 N/cm2, total padatan terlarut 21,6 oBrix dan mikroba sebesar 4,89E+05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Dinah Cherie, S.TP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pisang Kepok Tanjung, Kalsium Klorida, Mutu.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username tekpertanian
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:45
Last Modified: 20 Sep 2023 02:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216249

Actions (login required)

View Item View Item