EKSISTENSI COMMUNITY GOVERNANCE DALAM TATA KELOLA PEMERINATAHN NAGARI:STUDI NAGARI PASIA LAWEH KECAMATAN PALUPUH KABUPATEN AGAM

M N, GEMILANG WICAKSONO (2023) EKSISTENSI COMMUNITY GOVERNANCE DALAM TATA KELOLA PEMERINATAHN NAGARI:STUDI NAGARI PASIA LAWEH KECAMATAN PALUPUH KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (66kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (502kB)
[img] Text (BAB 6 PENUTUP)
Bab VI Penutup.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI M N GEMILANG WICAKSONO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis eksistensi Community Governance Dalam Tata Kelola Pemerintahan Nagari: Studi Pada Nagari Pasia Laweh Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam. Kelompok yang peneliti maksud dalam penelitian ini adalah kelompok niniak mamak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemilihan informan yang digunakan yaitu purposive sampling. Lalu teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Kajian ini menggunakan teori Community Governance menurut Totikidis, Amstrong dan Francist yaitu community leadership, community empowerment, dan community ownership. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti temukan di lapangan maka, dapat disimpulkan bahwa peran adanya niniak mamak di Nagari Pasia Laweh sangat berpengaruh terhadap kemajuan nagari. Peran niniak mamak yang dimulai dari diikutsertakan dalam musyawarah kegiatan nagari sampai kepada tahap pengawasan kegiatan. Kekurangan yang peneliti temui adalah pengesahan resmi berupa Surat Keputusan (SK) yang tidak ada dikeluarkan oleh Pemerintah Nagari Pasia Laweh terhadap struktur dari kerapatan adat niniak mamak masing-masing kaum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: MUHAMMAD ICHSAN KABULLAH
Uncontrolled Keywords: Niniak Mamak, Nagari Pasia Laweh, Pemerintahan Nagari.
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:44
Last Modified: 20 Sep 2023 02:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216239

Actions (login required)

View Item View Item