PENAPISAN AKTINOBAKTERIA INDIGENOS UNTUK PENGENDALIAN PENYAKIT LAYU STEWART (Pantoea stewartii subsp. stewartii) DAN PERTUMBUHAN SERTA PRODUKSI TANAMAN JAGUNG MANIS SECARA IN PLANTA

Putra, Ilham Rahmanda (2023) PENAPISAN AKTINOBAKTERIA INDIGENOS UNTUK PENGENDALIAN PENYAKIT LAYU STEWART (Pantoea stewartii subsp. stewartii) DAN PERTUMBUHAN SERTA PRODUKSI TANAMAN JAGUNG MANIS SECARA IN PLANTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover)
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I. ILHAM RAHMANDA.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA. ILHAM RAHMANDA.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (Fulltext)
Skripsi_ILHAM RAHMANDA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penyakit layu Stewart pada tanaman jagung disebabkan oleh Pantoea stewartii subsp. stewartii merupakan patogen tular benih yang sulit dikendalikan. Upaya pengendalian penyakit layu Stewart yaitu memanfaatkan mikroorganisme dari kelompok aktinobakteria sebagai agens hayati. Tujuan penelitian untuk mendapatkan isolat aktinobakteria yang terbaik dalam mengendalikan penyakit layu Stewart dan meningkatans pertumbuhan serta produksi tanaman jagung manis. Penelitian secara eksperimen terdiri atas 2 tahap 1.) Isolasi dan karakterisasi isolat aktinobakteria dan Pantoea stewartii subsp. stewartii, 2.) Seleksi aktinobakteria untuk mengendalikan Pantoea stewartii subsp. stewartii dan meningkatkan pertumbuhan serta produksi tanaman jagung yang terdiri dari 23 perlakuan 6 ulangan disusun dalam Rancangan Acak Lengkap. Variabel yang diamati yaitu karakteristik morfologi aktinobakteria, uji keamanan hayati, perkembangan penyakit layu Stewart dan pertumbuhan serta produksi tanaman jagung manis. Hasil isolasi diperoleh 25 isolat aktinobakteria setelah diuji keamanan hayati sebanyak 5 isolat menunjukkan patogen terhadap tanaman jagung. Isolat aktinobakteria yang terbaik mengendalikan penyakit layu Stewart dan meningkatkan pertumbuhan serta produksi tanaman jagung adalah APB2AI7P memperpanjang masa inkubasi 7.33 hsi, kejadian penyakit sebesar 20.74%, keparahan penyakit sebesar 12.26%, tinggi tanaman 130.40 cm, jumlah daun 9.67 helai dan berat tongkol 807.66 gram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 19 Sep 2023 08:52
Last Modified: 19 Sep 2023 08:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216185

Actions (login required)

View Item View Item