IDENTIFIKASI DAN ANALISIS KOMUNITAS BAKTERI ANAEROBIC AMMONIUM OXYDATION (ANAMMOX) PADA MEMBRANE BIOREACTOR (MBR) DENGAN METODE NEXT GENERATION SEQUENCING (NGS)

Atsil, Nadiah (2023) IDENTIFIKASI DAN ANALISIS KOMUNITAS BAKTERI ANAEROBIC AMMONIUM OXYDATION (ANAMMOX) PADA MEMBRANE BIOREACTOR (MBR) DENGAN METODE NEXT GENERATION SEQUENCING (NGS). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (43kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (44kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf

Download (280kB)
[img] Text (Full text)
eskripsi IN 110923 Nadiah Atsil.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Akbar (2022) melakukan penelitian kultivasi anammox dengan Membrane Bioreactor (MBR) pada suhu 25°C - 28°C dengan Hydarulic Retention Time (HRT) 12 jam. Pada Tahap 1 (1-65 hari), nilai Nitrogen Removal Efficiency (NRE) kurang dari 50%, yaitu 41%. Setelah influen dikurangi, efisiensi meningkat hingga 83%. Hal ini terjadi karena pada tahap I terjadi inhibis nitrit. Secara teori, inhibisi dapat menyebabkan menurunnya jumlah bakteri anammox dan peforma penyisihan nitrogen di dalam reaktor. Untuk mengetahui perubahan komunitas bakteri di reaktor tersebut dilakukan analisis kelimpahan bakteri dengan metode Next Generation Sequencing (NGS). Sampel dari reaktor MBR diekstraksi dan diduplikasi dengan cara Ekstraksi DNA, polymer chain reaction (PCR), purifikasi dan bioanalisis. kemudian DNA dari hasil proses tersebut digunakan untuk analisis komunitas mikroba dengan Miseq Illumina Sequencing. Inhibis nitrit yang terjadi pada MBR mengakibatkan Jumlah bakteri anammox berkurang hingga 21%. Pada inokulum terdapat Ca. Brocadia Fulgida (ASV_2) sebanyak 35,775% dan Ca. Brocadia (ASV_135) sebanyak 0,004%. Sedangkan pada biomassa pada hari ke 75, hanya terdapat 14,349% Ca. Brocadia Fulgida (ASV_2) dan 0,003% Ca. Brocadia Sapporoensis (ASV_16). ASV 135 teridentifikasi masuk ke dalam genus Ca. Brocadia, namun pada saat analisis dengan phylogenetic tree bakteri ini memiliki sequences yang paling dekat dengan uncultured bacterium clone 5A-30 16S ribosomal RNA. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat kemungkinan kehadiran spesies anammox yang belum teridentifikasi di reaktor MBR. Kata kunci: Anammox, MBR, Analisis komunitas mikroba, Inhibisi, Next Generation Sequencing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 19 Sep 2023 09:03
Last Modified: 19 Sep 2023 09:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216171

Actions (login required)

View Item View Item