ANALISIS EFISENSI PEMASARAN JAGUNG DI KECAMATAN SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA

Manik, Hery (2023) ANALISIS EFISENSI PEMASARAN JAGUNG DI KECAMATAN SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
2. BAB Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
3. BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (396kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DP.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (Full Text)
5. Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis struktur, perilaku, dan kinerja pasar jagung di Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini menggunakan metode survey dipilih dengan cara sengaja (purposive sampling), yaitu sampel diambil melalui populasinya sehingga terpilih 50 orang petani sebagai responden. Pada sampel pedagang pengumpul hingga pedagang pengecer dilakukan dengan mengikuti arus komoditas jagung dari petani sampai konsumen. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2022-Januari 2023. Analisis data pada struktur pasar secara deskriptif dengan cara menganalisis karakteristik jumlah penjual dan pembeli, hambatan keluar masuk pasar,kemampuan penetapan harga serta jenis produk yang diperjualbelikan. Dalam menganalisis perilaku pasar dilakukan dengan melihat karakteristik pasar mencakup sistem penentuan harga dan pembentukan harga antar pedagang, praktek penjualan dan pembelian, dan sistem jaringan kerjasama antar lembaga pemasaran. Sedangkan untuk analisis kinerja pasar dengan memperhitungkan marjin pemasaran dan farmer’s share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu struktur pasar jagung yang ada di Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya yaitu petani sebagai produsen dan lembaga-lembaga pemasaran yang terlibat (pedagang pengumpul, pedagang besar, pedagang eceran dan peternak ayam) sebagai konsumen terdapat kecenderungan yang mengarah kepada pasar persaingan tidak sempurna yakni pasar oligopsoni sehingga pemasaran jagung yang terjadi di lokasi dapat termasuk dalam kategori tidak efisien. Perilaku pasar menunjukkan bahwa sistem penentuan harga akhir adalah lembaga pemasaran dilevel yang lebih tinggi. Pada Kinerja pasar menunjukkan saluran pemasaran IVdinilai dengan saluran pemasaran yang paling tinggi tingkat efisiensinya karena memiliki persentase marjin pemasaran terendah dan farmer’s share tertinggi. Kata Kunci : Efisiensi Pemasaran, Jagung, Saluran Pemasaran, SCP

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu ekonomi pertanian
Date Deposited: 19 Sep 2023 09:42
Last Modified: 19 Sep 2023 09:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216104

Actions (login required)

View Item View Item