STUDI EVALUASI SUBSTANSI RENCANA KESELAMATAN KONSTRUKSI (RKK) PELAKSANAAN DAN IMPLEMENTASINYA

Febriyani, Yunus (2023) STUDI EVALUASI SUBSTANSI RENCANA KESELAMATAN KONSTRUKSI (RKK) PELAKSANAAN DAN IMPLEMENTASINYA. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak_lampiran 1 - ok.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text
BAB I_lampiran 2.pdf

Download (445kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V_lampiran 3.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka_watermark.pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text (Full Text Tesis)
Tugas akhir ilmiah utuh_Febriyani Yunus.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Universitas Negeri Padang (UNP) adalah salah satu institusi pendidikan tinggi negeri yang terletak di Padang, Sumatera Barat. Dalam beberapa tahun terakhir, UNP telah mengalami peningkatan signifikan dalam jumlah mahasiswa yang masuk, yang mengakibatkan peningkatan kebutuhan akan fasilitas dan infrastruktur yang memadai. Sebagai tanggapan terhadap pertumbuhan ini, UNP telah memulai serangkaian proyek pembangunan gedung di kampusnya sejak tahun 2021. Dalam konteks pembangunan gedung, UNP memiliki standar yang tinggi. Sebagian besar gedung di UNP memiliki lebih dari 3 lantai, dan salah satu proyek pembangunan gedung terbesar yang saat ini sedang berlangsung bahkan mencapai 6 lantai dengan tinggi mencapai 32,05 meter. Karena tingginya dan kompleksitasnya, proyek-proyek seperti ini termasuk dalam kategori berisiko yang signifikan. Dalam upaya menjaga keselamatan konstruksi, UNP sangat memperhatikan pelaksanaan Rencana Keselamatan Konstruksi (RKK) sesuai dengan peraturan yang berlaku, seperti Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 10 tahun 2021, serta Surat Edaran Menteri PUPR No. 10 tahun 2022. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi implementasi RKK pada proyek-proyek tersebut selama dua tahun terakhir. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melibatkan penilaian terhadap RKK melalui dua pendekatan, yaitu compliance audit dan performance audit. Compliance audit melibatkan pemeriksaan berdasarkan dokumen RKK, sementara performance audit melibatkan pengamatan langsung di lapangan dan evaluasi hasil pekerjaan proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penerapan RKK tertinggi terdapat pada proyek pembangunan gedung pusat informasi dan perpustakaan dengan tingkat kepatuhan mencapai 93,33% dalam compliance audit dan 91,42% dalam performance audit. Sementara itu, proyek rehabilitasi Gedung perkuliahan/dekanat FIK menunjukkan tingkat kepatuhan yang lebih rendah, yaitu 37,14% dalam compliance audit dan 35,34% dalam performance audit. Hasil penelitian juga menyoroti bahwa nilai kontrak proyek memiliki korelasi dengan tingkat penerapan RKK. Semakin tinggi nilai kontrak proyek, semakin tinggi tingkat kepatuhan terhadap RKK. Faktor-faktor seperti keterlibatan pemilik proyek, sumber daya yang tersedia, kesadaran risiko, dan tuntutan kontrak juga mempengaruhi tingkat kepatuhan ini. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar UNP lebih selektif dan fokus dalam kualifikasi pemilihan kontraktor yang memiliki komitmen yang kuat terhadap keselamatan konstruksi. Studi ini menekankan pentingnya keselamatan konstruksi dalam proyek konstruksi dan peran kualifikasi kontraktor dalam memastikan kepatuhan terhadap peraturan keselamatan yang berlaku. Keselamatan konstruksi yang baik tidak hanya melindungi pekerja konstruksi, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang aman bagi mahasiswa dan staf di UNP.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Akhmad Suraji, Ph.D., IPM
Uncontrolled Keywords: keselamatan konstruksi, Rencana Keselamatan Konstruksi (RKK), compliance audit, performance audit keselamatan konstruksi, Rencana Keselamatan Konstruksi (RKK), compliance audit, performance audit keselamatan konstruksi, Rencana Keselamatan Konstruksi (RKK), compliance audit, performance audit keselamatan konstruksi, Rencana Keselamatan Konstruksi (RKK), compliance audit, performance audit
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 19 Sep 2023 08:56
Last Modified: 19 Sep 2023 08:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216095

Actions (login required)

View Item View Item