Prediksi Aliran Permukaan Beberapa Penggunaan Lahan Pada Dua Kelerengan Dengan Metode SCS (Soil Conservation Service) Di Bagian Tengah DAS Batang Ulakan Kabupaten Padang Pariaman

Liza, Viska Prasepti (2023) Prediksi Aliran Permukaan Beberapa Penggunaan Lahan Pada Dua Kelerengan Dengan Metode SCS (Soil Conservation Service) Di Bagian Tengah DAS Batang Ulakan Kabupaten Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B) | Request a copy

Abstract

Perubahan tata guna lahan dari lahan persawahan dan tegalan menjadi daerah pemukiman terutama pada daerah resapan mengakibatkan perubahan perilaku dan fungsi air permukaan, yaitu terjadinya pengurangan pengaliran dasar (base flow) dan pengisian air tanah (infiltrasi), dan sebaliknya peningkatan volume aliran permukaan (run-off) sehingga menyebabkan ketidakseimbangan tata air atau disebut juga perubahan siklus hidrologi, termasuk juga pada daerah aliran sungai. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi besarnya volume aliran permukaan pada berbagai penggunaan lahan di dua lereng yang berbeda, pada bagian tengah DAS Batang Ulakan dengan menggunakan metode Soil Conservation Service (SCS). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah survei dengan purposive sampling berdasarkan secara acak pada masing-masing penggunaan lahan pada jenis tanah dan pada kelerengan yang berbeda (8-15% dan 15-25%). Sifat fisika tanah di analisis di Laboratorium Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang. Parameter yang di analisis terdiri dari tekstur tanah, bahan organik, dan permeabilitas tanah. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan lahan Sawah memiliki nilai volume aliran permukaan sangat tinggi dibandingkan dengan penggunaan lahan yang lain terutama pada bulan November dengan curah hujan rata-rata 587.1 mm/bulan memiliki nilai volume aliran permukaan 452.86 mm. Nilai volume aliran permukaan terendah terdapat pada penggunaan lahan Kebun Campuran dengan nilai volume aliran permukaan 67.31 mm. Oleh karena itu perlunya praktik konservasi seperti melakukan penambahan bahan organik berupa sisa-sisa tanaman pada lahan pertanian pada tanaman semusim, penanaman tanaman yang mampu melindungi permukaan tanah dari curah hujan yang tinggi di sekitar DAS Batang Ulakan sehingga dapat mengurangi tingkat erosi serta membantu air hujan terserap ke dalam tanah dan mengalir secara perlahan ke sungai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Aprisal, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:48
Last Modified: 20 Sep 2023 02:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216068

Actions (login required)

View Item View Item