KEKUATAN PEMBUKTIAN SURAT DIBAWAH TANGAN YANG DILEGALISASI OLEH NOTARIS (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 362/PID.B/2020/PN PDG)

Nanda, Novitra (0202) KEKUATAN PEMBUKTIAN SURAT DIBAWAH TANGAN YANG DILEGALISASI OLEH NOTARIS (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 362/PID.B/2020/PN PDG). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (674kB)
[img] Text (Bab Akhir/Kesimpulan)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text (Tesis Full)
NOVITRA NANDA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

KEKUATAN PEMBUKTIAN SURAT DIBAWAH TANGAN YANG DILEGALISASI OLEH NOTARIS (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 362/PID.B/2020/PN PDG) ABSTRAK Manusia sebagai makhluk sosial selalu berhubungan dengan manusia lainnya, dimana dalam berhubungan manusia sering melakukan perjanjian baik secara lisan maupun tertulis yang menimbulkan suatu perikatan. Perjanjian yang dibuat secara tertulis bermaksud untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum bagi kedua belah pihak jika sewaktu-waktu terjadi sengketa di antara mereka. Dalam perjanjian tertulis, subjek dan objek perjanjian akan terlihat jelas. Sedangkan objek dapat digambarkan sebagai suatu hal yang dilakukan oleh subjek yaitu hal-hal yang diwajibkan kepada pihak berwajib terhadap pihak mana yang mempunyai hak. Perjanjian tertulis bisa dibuat dengan akta dibawah tangan maupun dengan akta autentik. Akta otentik dibuat oleh Notaris. Notaris sebagai pejabat umum yang satu- satunya berwenang untuk membuat akta autentik dan kewenangan lainnya yang ditentukan oleh Undang- Undang. Dalam persidangan, bila yang diajukan sebagai bukti hanya berupa akta dibawah tangan mengingat kekuatan pembuktiannya yang terbatas, sehingga masih diupayakan alat bukti lain yang mendukung sehingga diperoleh bukti yang dianggap cukup untuk mencapai kebenaran menurut hukum. Berdasarkan pada hal tersebut maka muncul permasalahan mengenai: 1)Bagaimana pertimbangan hakim terhadap Putusan Nomor 362/Pid.B/2020/PN Pdg terkait dengan surat dibawah tangan yang dilegalisasi oleh Notaris. 2)Bagaimana akibat hukum terhadap surat dibawah tangan yang di legalisasi oleh Notaris terhadap Putusan Nomor 362/Pid.B/2020/PN Pdg, Penelitian inimenggunakan metode Normatif yaitu dengan mengkaji bahan-bahan hukum primer, sekunder dan juga bahan hukum tersier. Berdassarkan hasil penelitian, Pertimbangan hakim terhadap Putusan Nomor 362/Pid.B/2020/PN Pdg terkait dengan surat dibawah tangan yang dilegalisasi oleh Notaris bukti surat yaitu legalisasi akta di bawah tangan yang hanyalah mempunyai kekuatan pembuktian formil yaitu kekuatan pembuktian yang memberikan kepastian bahwa benar telah terjadi suatu kejadian yang dimuat dalam akta di bawah tangan oleh para pihak dan pejabat umum telah mengakuinya Pertimbangan hakim atas terdakwa Zulsi terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penipuan yang dilakukan secara bersama-sama sebagaimana dakwaan tunggal penuntut umum. Akibat hukum terhadap surat dibawah tangan yang dilegalisasi oleh notaris yaitu akta di bawah tangan tidak mempunyai akibat hukum pembuktian yang sempurna karena terletak pada tandatangan semua pihak dalam perjanjian tersebut. Suatu akta di bawah tangan hanyalah memberi akibat hukum pembuktian yang sempurna demi keuntungan dari pihak kepada siapa sipenandatanganan hendak memberikan suatu bukti, sedangkan buat pihak ketiga akibat hokum pembuktiannya adalah bebas. Kata Kunci : Pembuktian, Surat Dibawah Tangan, Putusan Hakim iv

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof.Dr. Ismansyah, SH.,MH
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembuktian, Surat Dibawah Tangan, Putusan Hakim
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 19 Sep 2023 09:14
Last Modified: 19 Sep 2023 09:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215980

Actions (login required)

View Item View Item