RESPON BEBERAPA VARIETAS PADI LOKAL SOLOK TERHADAP WERENG BATANG COKLAT Nilaparvata lugens STAL (HEMIPTERA: DELPHACIDAE) DENGAN MENGGUNAKAN EMBUN MADU

Amelia Putri, Restu (2023) RESPON BEBERAPA VARIETAS PADI LOKAL SOLOK TERHADAP WERENG BATANG COKLAT Nilaparvata lugens STAL (HEMIPTERA: DELPHACIDAE) DENGAN MENGGUNAKAN EMBUN MADU. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER)
Cover.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (471kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (503kB)
[img] Text (skripsi full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (682kB) | Request a copy

Abstract

Wereng batang coklat (Nilaparvata lugens Stal) merupakan salah satu hama utama yang berbahaya karena dapat merusak tanaman padi hingga tanaman menjadi kering. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan respon tanaman padi lokal yang tahan terhadap wereng batang coklat. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Bioekologi Serangga, menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan (Bujang Putiah, Caredek Putiah, Padi Putiah, Jambur Urai dan IR 42) dan 5 ulangan dengan menggunakan metode embun madu. Metode uji embun madu merupakan salah satu metode untuk mengevaluasi reaksi suatu varietas terhadap wereng batang coklat dengan jumlah cairan tanaman yang diisap. Parameter yang diamati adalah luas bercak embun madu yang dihasilkan wereng batang coklat dan mortalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan mortalitas WBC pada beberapa varietas uji. Luas bercak embun madu pada varietas Bujang Putiah (204,6 ; 15,6%) lebih rendah dibandingkan dengan varietas Jambur Urai (411,6 ; 32,4%) dan IR 42 (524,0 ; 41,2%) dengan respon tergolong tahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. My Syahrawati, SP. M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:52
Last Modified: 20 Sep 2023 03:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215969

Actions (login required)

View Item View Item