SISTEM KONTROL KELEMBABAN TANAH DAN PENYIRAMAN OTOMATIS PADA TANAMAN SELEDRI (Apium graveolens L.) YANG DIPENGARUHI OLEH SUHU BERBASIS MIKROKONTROLER

Ghina, Athaya Adhana (2023) SISTEM KONTROL KELEMBABAN TANAH DAN PENYIRAMAN OTOMATIS PADA TANAMAN SELEDRI (Apium graveolens L.) YANG DIPENGARUHI OLEH SUHU BERBASIS MIKROKONTROLER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (134kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V PENUTUP .pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi_Ghina Athaya Adhana.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Telah dirancang suatu sistem kontrol kelembaban tanah dan penyiraman otomatis pada tanaman seledri (Apium graveolens L.) yang dipengaruhi oleh suhu berbasis mikrokontroler. Sistem ini berfungsi untuk menyiram tanaman secara otomatis berdasarkan batas kelembaban tanah yang telah ditentukan pada program. Sistem akan memberikan informasi pada LCD saat kelembaban tanah lebih besar dari 75%. Sistem terdiri dari sensor DHT11 sebagai pendeteksi suhu dan kelembaban udara, sensor soil moisture capacitive untuk mendeteksi kelembaban tanah, satu buah relay sebagai saklar pompa air mini untuk menyiram tanaman, LED merah dan hijau sebagai lampu indikator sesuai dengan hasil pengukuran sensor soil moisture capacitive dan LCD untuk menampilkan suhu, kelembaban udara serta kelembaban tanah. Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat dapat berfungsi dengan baik, jika kelembaban tanah <75% pompa hidup kemudian lampu LED merah menyala dan kelembaban tanah ≥75 pompa mati serta lampu LED hijau menyala sehingga tidak terjadi penyiraman. Kelembaban udara tertinggi yang didapatkan yaitu 83% dan suhu terendah 23°C dengan kondisi tanaman terlihat tidak layu (warna hijau segar, batang tegak tegar) sedangkan suhu tertinggi yang didapatkan yaitu 30°C dan kelembaban udara terendah 77% dengan kondisi tanaman layu (daun menguning, bercak hitam pada daun, batang melembek).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rahmat Rasyid, M.Si
Uncontrolled Keywords: DHT11, mikrokontroler, seledri, sistem kontrol, soil moisture capacitive
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 20 Sep 2023 04:37
Last Modified: 20 Sep 2023 04:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215923

Actions (login required)

View Item View Item