Pengaruh Pemberian Tepung Daun Bidara (Ziziphus mauritiana) Sebagai Feed Additive Terhadap Karkas, Lemak Abdome dan Organ Dalam Pada Itik Raja

Latifah, Hidayunur (2023) Pengaruh Pemberian Tepung Daun Bidara (Ziziphus mauritiana) Sebagai Feed Additive Terhadap Karkas, Lemak Abdome dan Organ Dalam Pada Itik Raja. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text (Skripsi full teks Hidayunur Latifah)
SKRIPSI FULL TEXT HIDAYUNU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung daun bidara (Ziziphus mauritiana) sebagai feed additive dengan persentase yang berbeda terhadap karkas, lemak abdomen dan organ dalam pada itik Raja. Penelitian ini menggunakan 80 ekor itik Raja. Perlakuan dimulai pada hari ke-8 sampai minggu ke-8. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 kelompok. Perlakuan tepung daun bidara terdiri dari A (0% tepung daun bidara), B (1% tepung daun bidara), C (2% tepung daun bidara), D (3% tepung daun bidara). Parameter yang diukur ialah persentase karkas, persentaase lemak abdomen, persentase hati dan persentase proventrikulus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian tepung daun bidara sebagai feed additive dengan persentase berbeda memberikan pengaruh terhadap persentase karkas, persentase lemak abdomen dan persentase hati itik Raja, tetapi tidak memberikan pengaruh terhadap persentase proventrikulus itik Raja. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa pemberian tepung daun bidara sebagai feed additive dengan persentase 2% menghasilkan persentase karkas terbaik dengan 66,79%, persentase lemak abdomen 0,78%, persentase hati 2,27% dan persentase proventrikulus 0,42% yang efisien dalam pemanfaatan tepung daun bidara terhadap itik Raja. Kata Kunci: Daun Bidara, Hati, Itik Raja, Karkas, Lemak Abdomen, Proventrikulus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 19 Sep 2023 09:38
Last Modified: 19 Sep 2023 09:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215917

Actions (login required)

View Item View Item