Potensi Pemanfaatan Limbah Padat sebagai Bahan Bakar Alternatif di Industri Semen (Studi Kasus PT Semen Padang)

Arraisya, Rohasyah (2023) Potensi Pemanfaatan Limbah Padat sebagai Bahan Bakar Alternatif di Industri Semen (Studi Kasus PT Semen Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Full Text TA)
Full TA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam rangka penghematan sumber daya dan penggunaan energi yang ramah lingkungan, PT Semen Padang telah menggunakan Bahan Bakar Alternatif (BBA) untuk menyubstitusi bahan bakar batubara. Penelitian ini bertujuan untuk memproyeksikan penggunaan limbah padat sebagai BBA pada periode 2023-2030, membandingkan nilai kalor dan proximate analysis padat dengan standar yang berlaku, menghitung potensi pemanfaatan limbah padat sebagai BBA berdasarkan Thermal Substitution Rate (TSR) dan analisis ekonomi yang dinyatakan dalam Gross Added Value (GAV), serta merencanakan kebutuhan alat. Limbah yang diuji terdiri dari 5 jenis, yaitu Spent Bleaching Earth (SBE), sekam padi, kaliandra, serat sawit, dan serbuk gergaji. Pengujian karakteristik BBA meliputi parameter nilai kalor sesuai ASTM D 2015 dan proximate analysis sesuai dengan ASTM 3172-3175. Hasil pengujian ini dibandingkan dengan peraturan dalam Pedoman Spesifikasi Refuse Derived Fuel (RDF) tahun 2017. Hasil proyeksi penggunaan limbah padat sebagai BBA oleh PT Semen Padang menghasilkan limbah terbesar, yaitu SBE sebanyak 35.060 ton/tahun, dan terkecil adalah 397 ton/tahun di tahap III (2029-2030). Jenis limbah yang memenuhi standar adalah sekam padi, kaliandra, dan serbuk gergaji untuk dijadikan BBA dalam produksi semen, sedangkan SBE belum memenuhi untuk nilai kalor dan kadar abu, serta serat sawit belum memenuhi untuk kadar air. Potensi pemanfaatan limbah padat sebagai BBA mencapai target PT Semen Padang pada tahun 2023-2027 yaitu sebesar 5,792%. Analisis ekonomi menunjukkan potensi keuntungan dengan nilai tambah bruto mencapai Rp49 Miliar pada akhir periode desain. Alat yang dibutuhkan untuk pemanfaatan limbah sebagai BBA adalah shredder, dryer, mixing machine dan pyrolysis reactor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Yenni Ruslinda, M.T.
Uncontrolled Keywords: Bahan bakar alternatif, kaliandra, sekam padi, serat sawit, spent bleaching earth, serbuk gergaji
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 19 Sep 2023 09:27
Last Modified: 19 Sep 2023 09:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215909

Actions (login required)

View Item View Item