PERANCANGAN SISTEM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS AIR MENGGUNAKAN SENSOR TURBIDITY DAN SENSOR PH BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

Fauzi, Akbar (2023) PERANCANGAN SISTEM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS AIR MENGGUNAKAN SENSOR TURBIDITY DAN SENSOR PH BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (abstrak)
Cover + Abstract.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1-Pendahuluan)
Bab 1-Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 5- Kesimpulan dan saran)
Bab 5-Kesimpulan dan saran.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (880kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsifull-1611512011.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Air bersih merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia sehari-hari, Akan tetapi tidak semua orang dapat mendapatkan air bersih. Di Indonesia masih banyak terdapat daerah yang kesulitan mendapatkan air bersih. Terdapat sekitar 6% luas daerah di Indonesia yang mengalami krisis air bersih pada tahun 2000, dimana jumlah ini diprediksi akan terus meningkat menjadi 9,6% di tahun 2045. Berdasarkan data ini setidaknya terdapat peningkatan daerah kritis air bersih sebanyak 0,08% setiap tahunnya. syarat agar air memenuhi standar baku mutu kesehatan adalah memiliki tingkat kekeruhan dengan nilai skala kekeruhan maksimal 25 NTU (Nephelometric Turbidity Unit) serta tingkat pH air berada pada angka 6,5-8,5. Karena hal tersebut diperlukan sistem yang dapat menjernihkan air secara otomatis dengan memberikan tawas sesuai dengan takaran yang tepat, dan juga user dapat mendapatkan notifikasi terkait kondisi air pada jarak jauh. Pada sistem untuk meningkatkan kualitas air ini maka sensor turbidity akan digunakan untuk mengukur tingkat kekeruhan yang dimiliki air dan sensor pH akan digunakan unutk mengukur tingkat pH dari air. Berdasarkan hasil dari kedua sensor ini cairan tawas akan diberikan untuk menjernihkan air dan cairan pH up/pH down diberikan untuk mengatur tingkatan pH air agar sesuai dengan standar baku kesehatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Tati Erlina, M.I.T.
Uncontrolled Keywords: Air bersih, Arduino Mega2560, ESP8266, Sensor Turbidity, Sensor pH meter
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Teknik Komputer
Depositing User: s1 Teknik Komputer
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:43
Last Modified: 19 Sep 2023 07:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215899

Actions (login required)

View Item View Item