BENTUK KATA SAPAAN DALAM BAHASA TANSI YANG DIGUNAKAN OLEH MASYARAKAT DI KOTA SAWAHLUNTO DALAM HUBUNGAN KEKERABATAN: TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK

Rizky, Sufani (2023) BENTUK KATA SAPAAN DALAM BAHASA TANSI YANG DIGUNAKAN OLEH MASYARAKAT DI KOTA SAWAHLUNTO DALAM HUBUNGAN KEKERABATAN: TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (507kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Updated Version

Download (628kB)
[img] Text (BAB IV (Kesimpulan dan Saran))
BAB IV (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (556kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (491kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full (Rizky Sufani).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang dibahas dalam skripsi ini ialah (1) Apa saja bentuk sapaan dalam Bahasa Tangsi yang digunakan oleh masyarakat di Kota Sawahlunto dalam hubungan kekerabtan (2) Apa faktor yang mempengaruhi penggunaan bentuk sapaan tersebut. Tujuan penelitiannya adalah (1) Mendeskripsikan bentuk sapaan dalam Bahasa Tangsi yang digunakan oleh masyarakat di Kota Sawahlunto dalam hubungan kekerabatan, (2) menjelaskan factor yang mempengaruhi penggunaan bentuk sapaan dalam Bahasa Tangsi yang digunakan oleh masyarakat di Kota Sawahlunto dalam hubungan kekerabatan. Metode yang digunakan pada tahap pengumpulan data kata sapaan bahasa Tangsi adalah metode simak. Pada metode Simak digunakan Teknik sadap sebagai Teknik dasar dan Teknik Simak bebas libat cakap (SBLC). Dalam hal ini peneliti tidak terlibat dalam percakapan itu tetapi peneliti hanya menyimak penggunaan kata sapaan bahasa Tangsi. Dalam analisis data digunakan metode padan translasional dan metode padan pragmatis. Teknik dasar yang digunakan adalah teknik pilah unsur penentu (PUP) dan teknik lanjutannya yaitu teknik hubung bandingng membedakan (HBB). Metode yang digunakan dalam penyajian hsil analisis data adalah metode formal dan informal. Berdasarkan hasil analisis data, kata sapaan kekerabatan Bahasa Tangsi yang digunakan oleh masyarakat di Kota Sawahlunto terdiri atas tiga bentuk, yaitu sebagai berikut: (1) kata sapaan bahasa Tangsi berdasarkan hubungan keluarga inti, Babah, Babe, Bapak, Mamak, Ayang, Ayuk, Mbak, Kang, Mas, Abang, adek, sebut nama+ke, (2) Kata sapaan bahasa Tangsi berdasarkan hubungan keluarga luas, yaitu Manda, Adang,Mak etek, Makwo,Bude, Etek, Lelek, Uncu, Wawak,Unang, Pakwo, Ayek, Mak Uti, Uci, Mbah, Eyang, Akung, Gaek, (3) Kata sapaan kekerabatan bahasa Tangsi berdasarkan hubungan pertalian perkawinan, yaitu Dek, Mak+ Nama anak pertama, Nama diri+ Ke, Mas, Pak+ Nama anak pertama, Kang, Bang, Uda, Mak, Bapak, Mas, Ayuk, Mbak, Nama diri. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya penggunaan variasi sapaan adalah sebagai berikut: Participants, Ends, Key, dan Norms.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aslinda, M.Hum
Uncontrolled Keywords: kata sapaan kekerabatan, bentuk kata sapaan, bahasa tangsi, sosiolinguistik
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:17
Last Modified: 19 Sep 2023 03:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215894

Actions (login required)

View Item View Item