Kualitas Pelayanan Publik di Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Pariaman

Indah, Rohani (2023) Kualitas Pelayanan Publik di Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (409kB)
[img] Text (BAB Penutup)
BAB VI Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text
Skripsi Indah Rohani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indah Rohani, 1610843003, Analisis Kualitas Pelayanan Publik di Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Pariaman, Departemen Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Univversitas Andalas, Padang, 2023. Dibimbing oleh Dr. Roni Ekha Putera, S. IP, M. PA. Skripsi ini terdiri dari 103 halaman dengan referensi 12 buku teori, 9 jurnal, 3 skripsi, 2 Peraturan Perundang-Undangan, dan 4 artikel internet. Skripsi ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan publik di Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Pariaman. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana usaha-usaha yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor di Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh urusan pelayanan publik di bagian pengujian kendaraan bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Pariaman yang berada di zona merah, serta Kabupaten Padang Pariaman merupakan satu-satunya Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor di wilayah Sumatera Barat yang memiliki akreditasi C. Penelitian mengacu pada teori Sinambela yang menyatakan kualitas pelayanan prima tercermin dari: Transparansi, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan Hak, Keseimbangan Hak dan Kewajiban. Kemudian penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Selanjutnya, untuk teknik pemilihan informan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor di Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Pariaman sudah berjalan dengan cukup baik meskipun pada beberapa indikator masih ada yang belum optimal seperti pada indikator transparansi yakni tidak adanya sosialisasi mengenai pelayanan kepada masyarakat. Kata kunci: Kualitas pelayanan, Pengujian Kendaraan Bermotor, Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Pariaman

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Roni Ekha Putera, S.IP, M.PA
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 20 Sep 2023 04:07
Last Modified: 20 Sep 2023 04:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215893

Actions (login required)

View Item View Item