Azzahra, Ghaziah (2017) Model Dinamika Sistem Logistik Ikan Tuna di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (170kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV (Penutup))
BAB VI (PENUTUP).pdf - Published Version Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (38kB) | Preview |
|
Text (Full Text)
TA UTUH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki potensi sumber daya perikanan yang besar dan tersebar di 11 Wilayah Potensi Perikanan (WPP). Potensi ikan tuna terdapat di salah satu Wilayah Potensi Perikanan (WPP) yaitu di perairan laut Sumatera bagian Barat (perairan pantai barat Sumatera Barat). Kota Padang merupakan salah satu kota yang menggarap hasil perikanan di sepanjang pantai barat sumatera barat tetapi belum memanfaatkan potensi penangkapan tuna secara optimal, potensi yang dimiliki yaitu sebesar 124.630 ton per tahun. Akan tetapi selam tahun 2006 – 2013 maksimum produksi ikan tuna yang dihasilkan di kota padang hanya sebesar 6.961,1 ton. Oleh karena itu penilitian ini dilakukan guna mendapatkan alternatif strategi yang dapat dijalankan dalam upaya peningkatan pasokan tuna di Kota Padang dengan menggunakan pendekatan metode sistem dinamik. Tahapan penelitian yang dilakukan dalam penggunaan metode sistem dinamik yaitu :menentukan variabel-variabel yang digunakan, merancang causal loop diagram, merancang stock flow diagram, melakukan simulasi menggunakan software Powersim Studio 2005, dan kemudian dilakukan verifikasi dan validasi sebagai langkah pengujian model. Selanjutnya dilakukan pembuatan skenario kebijakan dalam upaya untuk meningkatkan pasokan ikan tuna. Perancangan skenario dilakukan dengan tiga skenario. Berdasarkan hasil yang diperoleh, peningkatan jumlah pasokan tuna dapat dilakukan melalui kebijakan yang ada pada masing-masing skenario. Adapun kebijakan yang dapat dilakukan yaitu: memberikan kebijakan subsidi BBM jika diterapkan skenario 1, investasi pengadaan kapal tuna longline, kebijakan perizinan peningkatan kapasitas perusahaan, dan memberikan kebijakan subsidi BBM jika diterapkan skenario 2, investasi pengadaan kapal tradisional, investasi pengadaan kapal tuna longline, kebijakan perizinan peningkatan kapasitas perusahaan, dan memberikan kebijakan subsidi BBM jika diterapkan skenario 3. Penentuan kebijakan yang akan dijalankan untuk beberapa tahun kedepan, hal tersebut tergantung pada pengambil kebijakan yang telah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing skenario. Kata Kunci : Ikan Tuna, Model Dinamika Sistem, Simulasi, Sistem Logistik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 27 Jan 2017 03:17 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 03:17 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/21577 |
Actions (login required)
View Item |