TRANSFORMASI PERILAKU PADA PETERNAK KAMBING : STUDI KASUS PETERNAK PENERIMA BANTUAN ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT (ZCD) PADA DUA NAGARI DI KABUPATEN TANAH DATAR

Shintya, Emilda Hannum (2023) TRANSFORMASI PERILAKU PADA PETERNAK KAMBING : STUDI KASUS PETERNAK PENERIMA BANTUAN ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT (ZCD) PADA DUA NAGARI DI KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (28kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik demografi dan profil usaha serta bagaimana proses transformasi perilaku peternak kambing penerima bantuan Zakat Community Development (ZCD) di Nagari Andaleh dan Parambahan sebelum dan setelah menerima bantuan Zakat Community Development (ZCD). Penelitian ini dilaksanakan di Nagari Andaleh dan Parambahan, Kabupaten Tanah Datar dengan total responden sebanyak 16 orang peternak. Variabel yang diamati yaitu karakteristik demografi peternak, profil usaha peternak dan transformasi perilaku peternak sebelum dan sesudah menerima bantuan zakat community development (ZCD). Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan karakteristik demografi peternak pada dua Nagari mayoritas berusia 25 - 55 tahun dengan pendidikan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama (6- 9 tahun). Jumlah anggota keluarga peternak mayoritas memiliki <4 orang dengan pekerjaan utama bertani. Mayoritas memiliki pengalaman beternak dan mengikuti pendidikan non formal (pelatihan peternak) sebanyak <3 kali. Profil usaha peternak penerima bantuan Zakat Community Development (ZCD) pada dua Nagari yaitu kelompok mustahik (orang yang berhak menerima zakat), ada 3 bangsa ternak yang dipelihara (Boerka, jawa randu, PE), menggunakan kandang panggung dengan jumlah populasi 381 ekor tahun 2019, 207 ekor tahun 2020 dan 144 ekor tahun 2021 dengan kematian ternak sebanyak 116 ekor tahun 2019, 54 ekor tahun 2020 serta 36 ekor tahun 2021. Transformasi perilaku peternak bantuanZakat Community Development (ZCD) pada dua Nagari terjadi penurunan perilaku merokok sebanyak 3 orang (18,75%) berhenti merokok, penurunan perilaku berburu sebanyak 4 orang (25%) tidak ikut berburu lagi, penurunan perilaku duduk diwarung sebanyak 8 orang (50%) tidak membiasakan duduk diwarung lagi serta terjadinya kenaikan perilaku shalat 5 waktu sebanyak 4 orang (25%) melaksanakan shalat 5 waktu berjamaah maupun sendiri-sendiri. Kata kunci: Peternak Kambing, Transformasi Perilaku, Zakat Community Development(ZCD)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Pembimbing : 1. Dr. Ir. Fuad Madarisa, M.Sc 2. Ir. Amrizal Anas, MP
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Peternak Kambing, Transformasi Perilaku, Zakat Community Development(ZCD)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 19 Sep 2023 08:21
Last Modified: 19 Sep 2023 08:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215724

Actions (login required)

View Item View Item