Perancangan Alat Monitoring Kecepatan Angin Untuk Aplikasi Sistem Peringatan Dini Berbasis LoRa Melalui Ubidos Dan Notifikasi Telegram

Surya, Muhammad Anyari (2023) Perancangan Alat Monitoring Kecepatan Angin Untuk Aplikasi Sistem Peringatan Dini Berbasis LoRa Melalui Ubidos Dan Notifikasi Telegram. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover and Abstak.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text (Bab 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (430kB)
[img] Text (Bab Akhir (Kesimpulan))
BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (430kB)
[img] Text (Fulltext)
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk mengimplementasikan sistem monitoring kecepatan angin untuk aplikasi sistem peringatan dini berbasis LoRa melalui Ubidots dan Notifikasi Telegram. Pada penelitian yang dilakukan, penulis merancang sebuah sistem monitoring menggunakan mikrokontroler Mappi32 yang telah mempunyai fitur komunikasi LoRa dan dilengkapi dengan sensor Anemometer untuk menghitung data kecepatan angin. Data yang didapatkan dikirim serta ditampilkan ke Ubidots yang telah diintegrasikan dengan notifikasi Telegram. Pengujian data dilakukan dengan menganalisa nilai RSSI (Received Signal Strength Indication) dengan kondisi non-line of sight pada daerah hijau Universitas Andalas dengan 2 variasi tempat. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, nilai RSSI dari pengujian LoRa NLOS di Jurusan Teknik Elektro, didapatkan nilai RSSI paling besar pada lantai 3 dengan nilai -79,44 dBm sedangkan nilai RSSI paling kecil pada lantai 1 dengan nilai -96,73 dBm. Nilai RSSI dari LoRa NLOS dengan variasi jarak 100m -500 m, didapatkan nilai RSSI paling besar pada jarak 100 m dengan nilai -66,78 dBm sedangkan nilai RSSI paling kecil pada jarak 500m dengan nilai -116,85 dBm. Hasil kalibrasi anemometer rancangan dan anemometer digital Benetech dengan windtunnel di Laboratorium Dinamika Fluida Jurusan Teknik Mesin dengan rentang frekuensi blower 5 Hz – 40 Hz didapatkan hasil persentase error 8,05 %. Data hasil monitoring menunjukkan bahwa kecepatan angin mengalami fluktuasi selama enam hari pengamatan dengan nilai rata-rata 2.35 km/h dan standar deviasinya 1.82. Sistem monitoring mampu mengirimkan peringatan dini melalui notifikasi Telegram ketika kecepatan angin mencapai atau melebihi ambang batas yaitu ≥ 20km/h (Strong Breeze). Perbandingan data hasil monitoring anemometer rancangan dengan aplikasi prediksi kecepatan angin Windfinder, menunjukkan bahwa anemometer yang dirancang dapat digunakan sebagai referensi dalam memantau kecepatan angin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ikhwana Elfitri, Ph D
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 19 Sep 2023 08:46
Last Modified: 19 Sep 2023 08:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215712

Actions (login required)

View Item View Item