PENGARUH KOMBINASI SUB-BITUMMINUS DAN BIOCHAR SEKAM PADI PADA INCEPTISOL TERHADAP KANDUNGAN GLIFOSAT TANAMAN BAWANG MERAH (Allium cepa L)

Rezha, Tri Khurnianto (2023) PENGARUH KOMBINASI SUB-BITUMMINUS DAN BIOCHAR SEKAM PADI PADA INCEPTISOL TERHADAP KANDUNGAN GLIFOSAT TANAMAN BAWANG MERAH (Allium cepa L). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (462kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (452kB)
[img] Text (Skripsi Upload Rezha)
Skripsi Upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Glifosat merupakan salah satu jenis kandungan bahan aktif yang terdapat pada herbisida yang digunakan oleh petani di areal budidaya holtikultura. Penggunaan herbisida yang intensif menimbulkan permasalahan terhadap kualitas tanaman bawang, lingkungan dan kesehatan manusia. Upaya untuk mengurangi herbisida yang masuk ketanaman dan mencemari lingkungan adalah dengan penamabahan bahan organik untuk meningkatkan daya jerap tanah terhadap herbisida berupa sub-bituminus (SB) dan biochar sekam padi (BSP). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan kombinasi biochar sekam padi dan sub-bituminus dalam memperbaikki sifat kimia Inceptisol dan meningkatkan kualitas tanaman bawang merah pada Inseptisol. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Menggunakan metode rancangan acak lengkap (RAL) dengan 6 (enam) perlakuan dan 3 (tiga) ulangan, perlakuannya adalah formulasi subbituminus dan biochar sekam padi pada 40 t ha-1 yaitu 100% SB, 75% SB + 25% BSP, 50% SB + 50% BSP, 25% SB + 75% BSP, 100% BSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi kombinasi biochar sekam padi dan sub-bituminus dengan perlakuan yang berbeda mampu meningkatkan nilai pH 5,4 unit, kandungan P-tersedia 15,17 ppm, C-organik 4,33%, N-total 0,51%, dan KTK 48,33 cmol/kg. Pemberian perlakuan 75% sub-bituminus 25% biochar sekam padi merupakan perlakuan terbaik dalam meningkatkan sifat kimia inceptisol dan pada penyerapan kandungan glifosat terbaik terdapat pada perlakuan 50% sub-bituminus + 50% biochar sekam padi dengan penyerapan 14,5%. Kata Kunci: Glifosat, herbisida, Inceptisol, intensif, sub-bituminus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Herviyanti, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:11
Last Modified: 19 Sep 2023 01:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215617

Actions (login required)

View Item View Item