JENIS-JENIS SERANGGA PENGUNJUNG DAN PENGARUH PENYERBUKAN GALO-GALO (MELIPONINAE. HYMENOPTERA) TERHADAP PRODUKTIVITAS CABAI KOPPAY (Capsicum annuum Var Longum) DI BEE CENTER UNIVERSITAS ANDALAS

Marsha, M Arifa (2023) JENIS-JENIS SERANGGA PENGUNJUNG DAN PENGARUH PENYERBUKAN GALO-GALO (MELIPONINAE. HYMENOPTERA) TERHADAP PRODUKTIVITAS CABAI KOPPAY (Capsicum annuum Var Longum) DI BEE CENTER UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (163kB)

Abstract

Cabai koppay menjadi salah satu varian cabai yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Kota Payakumbuh, di Sumatera Barat sebagai tempat asal pemuliaan cabai ini berpotensi menjadi produsen cabai koppay terbesar di Indonesia dengan konsumen yang terus meningkat setiap tahunnya. Salah satu kendala budidaya cabai koppay adalah belum maksimalnya proses penyerbukan sehingga mempengaruhi waktu dan hasil panen. Hal ini berdampak terhadap kuantitas panen dan berimbas pada peningkatan harga. Mengetahui pollinator terbaik untuk mendukung produktivitas cabai koppay serta mengetahui komunitas serangga di sekitar Kawasan pertanaman cabai merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian dilakukan dari bulan April hingga bulan Juli pada tiga plot perlakuan, Open Pollination (OP), Penyerbukan Silang (PS) dan Lebah Tanpa Sengat (LTS) yang berlokasi di Bee Center Universitas Andalas. Analisis data dilakukan dengan ANOVA dan Korelasi Pearson pada perangkat lunak SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, lokasi pertanaman cabai dikunjungi oleh lima jenis serangga, Ammophila pubescens (Hymenoptera), Mecapoda elongate (Orthoptera), Junonia atlites (Lepidoptera), Oedaleus infernalis (Orthoptera) dan Orthetrum sabina (Odonata). Dua jenis lebah tanpa yang digunakan sebagai pollinator, Geniotrigona thorasica dan Tetragonula fuscobalteata yaitu Geniotrigona thorasica menunjukkan aktivitas polinasi pada cabai koppay. Tetragonula fuscobalteata lebih efektif dalam menyerbuki cabai karena memiliki ciri morfologi yang lebih sesuai. Penggunaan lebah tanpa sengat (LTS) sebagai agen penyerbuk memberikan hasil yang lebih nyata dalam hal panjang, diameter dan berat buah dibandingkan perlakuan lain dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Henny Herwina
Uncontrolled Keywords: Agen Penyerbuk, Serangga Pengunjung, Geniotrigona thorasica, Tetragonula fuscobalteata
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Unand
Date Deposited: 19 Sep 2023 08:50
Last Modified: 19 Sep 2023 08:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215507

Actions (login required)

View Item View Item