PENYISIHAN AMONIUM DAN FOSFAT SERTA MONITORING CHEMICAL OXYGEN DEMAND PADA LIQUID ADJUSTING MENGGUNAKAN PROSES PRESIPITASI STRUVITE DAN PARTIAL NITRITATION ANAMMOX

Mauriah, Qibti (2023) PENYISIHAN AMONIUM DAN FOSFAT SERTA MONITORING CHEMICAL OXYGEN DEMAND PADA LIQUID ADJUSTING MENGGUNAKAN PROSES PRESIPITASI STRUVITE DAN PARTIAL NITRITATION ANAMMOX. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
~COVER-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
~BAB I.pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
~BAB V.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
~DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (539kB)
[img] Text (Skripsi full text)
~LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pengolahan air limbah produksi tahu telah dilakukan oleh BRIN di Desa Giriharja, Kabupaten Sumedang secara anaerobik menggunakan multistages fixed bed reactor anaerobic digester. Namun efluen dari pengolahan multistages fixed bed reactor anaerobic digester ini masih memiliki parameter amonium dan fosfor yang tinggi, yaitu sekitar 178±21 mg NH4+-N/L, 79±13 mg P/L (325 mg PO43-/L) berturut-turut yang masih belum memenuhi baku mutu air limbah di badan air. Penelitian ini bertujuan sebagai usulan tertiary treatment untuk mengolah efluen air limbah produksi tahu dari anaerobic digester BRIN. Penelitian dilakukan pada skala laboratorium menggunakan liquid adjusting. Penelitian menggunakan kombinasi proses presipitasi struvite dan Partial Nitritation-Anammox (PN/A) untuk menyisihkan amonium dan fosfat menggunakan reaktor kolom dan Fixed Bed Reactor (FBR) dengan waktu detensi 7,5 jam. Penyisihan pada proses PN/A menggunakan inokulum bakteri Anaerobic Ammonium Oxidation (anammox) spesies Candidatus brocadia fulgida yang berasal dari Talago Koto Baru-Padang Panjang dan bakteri Aerobic Oxidizing Bacteria (AOB) dari Muaro Panjalinan. Didapatkan hasil penelitian berupa penyisihan amonium dan NRE berturut- turut sebesar 15,22 – 83,13% dan 10,66% - 81,68%. Sementara penyisihan fosfat pada angka 13,72% - 90,44%. Selain itu, terjadi peningkatan konsentrasi COD pada reaktor kolom yang diduga berasal dari sumber influen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Zulkarnaini
Uncontrolled Keywords: Amonium, fosfat, COD, PN/A, presipitasi
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:04
Last Modified: 19 Sep 2023 03:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215492

Actions (login required)

View Item View Item