PEMANFAATAN SERAT LANTUNG (ARTOCARPUS ELASTICUS) SEBAGAI BAHAN PENGUAT KOMPOSIT UNTUK MATERIAL SALURAN LIMBAH CAIRAN GEOTHERMAL DI HULU LAIS KABUPATEN LEBONG, PROVINSI BENGKULU

Hendri, Hestiawan (2023) PEMANFAATAN SERAT LANTUNG (ARTOCARPUS ELASTICUS) SEBAGAI BAHAN PENGUAT KOMPOSIT UNTUK MATERIAL SALURAN LIMBAH CAIRAN GEOTHERMAL DI HULU LAIS KABUPATEN LEBONG, PROVINSI BENGKULU. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Sampul Laporan watermark + Abstrak.pdf - Published Version

Download (48kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (Thesis Full Text)
Thesis Hendri Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada belum dimanfaatkannya limbah cairan geothermal di Hulu Lais, Kabupaten Lebong dan melimpahnya sumber daya alam, berupa serat lantung (Artocarpus elasticus), di Provinsi Bengkulu. Limbah cairan berasal dari hasil pembuangan air geothermal yang telah digunakan untuk pembangkit uap tetapi masih memiliki temperatur tinggi. Oleh karena itu, diperlukan material yang tidak mudah terkorosi dan mampu bekerja pada suhu di bawah 100oC secara terus menerus, salah satunya adalah material komposit berpenguat serat lantung. Penggunaan serat lantung masih terbatas sebagai bahan baku kerajinan tangan dan dengan penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi serat lantung sehingga dapat digunakan sebagai bahan baku industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pemanfaatan serat lantung sebagai bahan penguat komposit untuk material saluran limbah cairan geothermal di Hulu Lais Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu. Bahan yang digunakan dalam peneltian ini meliputi serat lantung, resin vinyl ester dan hardener jenis methyl ethyl keton peroxide. Proses manufacturing spesimen menggunakan metoda hand lay-up dengan memvariasikan proses pengolahan serat lantung menggunakan perlakuan alkali dan fraksi volume serat lantung. Penelitian diawali dengan mengumpulkan data teknis limbah cairan geothermal di Hulu Lais Kabupaten Lebong yang meliputi temperatur, kapasitas dan kosentrasi air geothermal. Tahapan berikutnya pembuatan komposit berpenguat serat lantung, diawali dengan pengolahan serat lantung mulai dari pengambilan kulit kayu lantung hingga diperoleh serat lantung yang diikuti dengan pengambilan data karakteristik serat lantung, meliputi uji XRD dan foto SEM. Setelah itu dilakukan pembuatan komposit berpenguat serat lantung yang diikuti dengan pengambilan data karaktersitik komposit, meliputi uji tarik, impact, bending dan water absorption. Hasil dan analisa data menunjukkan bahwa limbah cairan geothermal di Hulu Lais Kabupaten Lebong memiliki pH mendekati 7 dengan temperature sekitar 60oC. Perlakuan alkali pada serat lantung mampu meningkatkan sifat fisis dan mekanis serat lantung dan komposit berpenguat serat lantung. Perlakuan alkali efektif menahan penyerapan air serta menurunkan kadar air maksimum dan koefisien difusi komposit berpenguat serat lantung.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Ir. Jonrinaldi, M.T., Ph.D., IPU., ASEAN Eng.
Uncontrolled Keywords: komposit, limbah cairan geothermal, resin vinyl ester, serat lantung
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Profesi Insinyur
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:20
Last Modified: 19 Sep 2023 01:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215357

Actions (login required)

View Item View Item