PENERAPAN BUILDING INFORMATION MODELLING (BIM) MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK REVIT DAN AUTODESK NAVISWORKS MANAGE PADA PEMBANGUNAN STRUKTUR GEDUNG PUSAT INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Shinta, Foury Dwi Putri (2023) PENERAPAN BUILDING INFORMATION MODELLING (BIM) MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK REVIT DAN AUTODESK NAVISWORKS MANAGE PADA PEMBANGUNAN STRUKTUR GEDUNG PUSAT INFORMASI DAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pada saat ini, penggunaan teknologi Building Information Modelling (BIM) menjadi sorotan utama dalam industri AEC (Architectural, Engineering, and Construction). Hal ini dikarenakan penggunaan teknologi berbasis BIM dapat menghasilkan desain yang akurat dan memberikan maanfaat besar sepanjang project life cycle. Indonesia adalah salah satu Negara yang sudah mulai menerapkan teknologi Building Information Modelling (BIM) dalam industri kontruksi. Salah satu bentuk dukungan pemerintah dalam penggunaan teknologi Building Information Modelling (BIM) yaitu dengan mengeluarkan Permen PUPR Nomor 22 Tahun 2018 yang menyatakan bahwa BIM wajib diterapkan pada Bangunan Gedung Negara dengan luas di atas 2000 m2 dan di atas dua lantai. Beberapa fungsi utama BIM yang dapat dimanfaatkan yaitu Clash Detection, Constructability, Analysis, Time and Cost Estimation, Integration, Quantity Take-Off, Element Based Models, Collaboration and Team Bbuilding, and Communication. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemodelan 3D, 4D, dan 5D pada proyek Pembangunan Gedung Pusat Informasi dan Perpustakaan Universitas Negeri Padang dengan menggunakan software Autodesk Revit 2022 dan Autodesk Naviswork Manage. Pemodelan bangunan diambil dari data Detail Engineering Design (DED) dan Master Schedule proyek. Selanjutkan akan dilakukan pemodelan struktur beton bertulang dan elemen arsitektur dengan software Autodesk Revit. Setelah model 3D dibuat akan dilakukan review model dengan pengecekan Clash dengan fitur Check Interfance. Kemudian akan dilakukan perhitungan volume dengan fitur Quantity Take-Off yang nantinya akan dianalisa perbandingannya dengan volume Bill of Quantity yang didapatkan dari data proyek. Untuk permodelan 4D dilakukan dengan menambahkan informasi jadwal pelaksaan proyek dari data Master Schedule, kemudian dilakukan integrasi model 3D terhadap penjadwalan yang telah dibuat. Setelah itu akan ditampilkan simulasi proyek dengan fitur Timeliner untuk menampilkan visualisasi progress pelaksanaan pekerjaan. Untuk pemodelan 5D dilakukan dengan perkalian volume yang didapatkan dari hasil Quantity Take Off dengan Harga Satuan Pekerjaan Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Taufika Ophiyandri, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Building Information Modelling (BIM), Autodesk Revit, Autodesk Naviswork Manage, Quantity Take Off, Time Schedule, Bill Of Quantity (BoQ)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 18 Sep 2023 09:12
Last Modified: 18 Sep 2023 09:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215354

Actions (login required)

View Item View Item