PENERAPAN HUKUMAN DISIPLIN TERHADAP ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM YANG MELAKUKAN PELANGGARAN TATA TERTIB DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (STUDI DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS II TANJUNG PATI)

Zakiati, Rahma Wilyon (2023) PENERAPAN HUKUMAN DISIPLIN TERHADAP ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM YANG MELAKUKAN PELANGGARAN TATA TERTIB DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (STUDI DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS II TANJUNG PATI). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text (bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kejahatan sangat mungin terjadi pada anak, akan tetapi tidak jarang juga dijumpai tindak-tindak kriminal yang dilakukan oleh anak. Adakalanya anak terpaksa dihadapkan ke muka pengadilan. Terhadap anak yang berdasarkan putusan pengadilan dijatuhi pidana penjara ditempatkan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Dalam proses pembinaan tersebut ada saja Anak yang membuat keadaan di dalam LPKA menjadi tidak tertib dan tidak aman, karena telah melakukan pelanggaran tata tertib yang ditetapkan di LPKA tersebut. Berdasarkan alasan diatas maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: Pertama, bagaimanakah penerapan hukuman disiplin terhadap Anak Yang Berkonflik Dengan Hukum yang melakukan pelanggaran tata tertib di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Tanjung Pati? Kedua, apakah kendala yang dihadapi petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Tanjung Pati dalam mengatasi pelanggaran tata tertib yang dilakukan oleh Anak Yang Berkonflik Dengan Hukum? Ketiga, apakah upaya yang dilakukan oleh petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Tanjung Pati dalam menanggulangi kendala tersebut? Penelitian ini bersifat Deskriptif karena dengan penelitian ini diharapkan dapat memperoleh gambaran yang menyeluruh, lengkap dan sistematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan Yuridis Empiris. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan: Pertama,penerapan hukuman disiplin dilaksanakan berdasarkan tingkatan pelanggaran yang dilakukan Anak, pelanggaran ringan diberikan hukuman ringan yaitu berupa peringatan atau teguran, membersihkan lingkungan hunian, melaksanakan sanksi sesuai kesepakatan bersama antara Anak dengan petugas seperti berlari mengelilingi lapangan, pelanggaran sedang yaitu melakukan permintaan maaf lisan atau tertulis serta penutupan tersendiri paling lama 6 hari, pelanggaran berat dilakukan penutupan tersendiri 6 hari dan dapat diperpanjang 2 kali 6 hari serta dicatat di register F. Kedua, kendala yang dialami petugas Lembaga Pembinaaan Khusus Anak Klas II Tanjung Pati yaitu masih kurangnya sarana dan prasarana dalam pemberian hukuman disiplin terhadap Anak, Anak yang tidak berterus terang dan sering berbohong, keadaan Anak yang tidak sehat ketika akan menjalani hukuman disiplin sehingga pelaksanaanya harus di tunda, Anak yang menjadi korban tidak melapor saat pelanggaran terjadi dan kesadaran dari beberapa Anak yang kurang dalam mematuhi aturan. Ketiga, upaya yang dilakukan petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Tanjung Pati dalam menanggulangi kendala tersebut dengan melakukan pendekatan kepada Anak, menempelkan himbauan atau pengumuman, Apel jumlah penghuni secara rutin, petugas jaga melakukan giat rutin kontrol blok hunian, melakukan peliharaan dan rolling gembok rutin blok hunian, dan melakukan razia rutin. Kata Kunci:Lembaga Pembinaan Khusus Anak, Pelanggaran, Hukuman Disiplin, Tata Tertib, Anak Yang Berkonflik Dengan Hukum

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Efren Nova, S.H., M.H Yandriza, S.H.,M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:43
Last Modified: 19 Sep 2023 06:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215347

Actions (login required)

View Item View Item