OBJEKTIFIKASI DISABILITAS DALAM PEMBERITAAN OLAHRAGA PADA MEDIA ONLINE NASIONAL (Analisis Wacana Kritis Pemberitaan Atlet Asean Para Games 2022 Pada Media Online Detik.com dan Okezone.com)

Indra, Trianto (2023) OBJEKTIFIKASI DISABILITAS DALAM PEMBERITAAN OLAHRAGA PADA MEDIA ONLINE NASIONAL (Analisis Wacana Kritis Pemberitaan Atlet Asean Para Games 2022 Pada Media Online Detik.com dan Okezone.com). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (Bab 5 kesimpulan dan saran)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Skripsi fulltext)
Skripsi Fulltext_Indra Trianto.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Aktivitas yang berkaitan dengan olahraga identik kepada seorang yang memiliki kemampuan fisik dan mental yang kuat. Masyarakat memandang penyandang disabilitas tidak cocok dengan aktivitas tersebut. Dari persepsi tersebut, membuat media melihat ada keuntungan dalam memberitakan atlet penyandang disabilitas. Sehingga para penyandang disabilitas masih dijadikan objek dari kisah heroik yang berlebihan di pemberitaan. Pada pertengahan tahun 2022, Indonesia menyelenggarakan acara Asean (Association of Southeast Asian Nations) Para Games yang ke 11. Ajang olahraga ini tentunya menjadi sorotan oleh media nasional selama beberapa pekan tidak terkecuali oleh media Detik.com dan Okezone.com. Penelitian kualitatif ini merupakan penelitian paradigma kritis yang menggunakan pendekatan analisis wacana kritis Van Dijk. Penelitian ini juga menghubungkan hasil analisis dengan konsep objektifikasi dan konsep komodifikasi. Analisis wacana dalam penelitian ini berfokus pada dimensi teks yang terbagi menjadi tiga yaitu struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. Dalam memperoleh data, peneliti melakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media Detik.com dan Okezone.com melibatkan wacana objek inspirasi dan objek motivasi pada pemberitaannya. Hal tersebut dilakukan dengan cara menampilkan sosok para atlet Asean Para Games 2022 yang dikaitkan dengan cerita sedih dan haru mereka. Selain itu kedua media juga terdapat melakukan beberapa unsur objektifikasi kepada atlet disabilitas pada pemberitaan yang diterbitkan. Unsur tersebut diantaranya unsur instrumental yang mana para atlet disabilitas diperlakukan media untuk mencapai tujuan dari orang lain, unsur penolakan otonomi dan kelembaman yang membuat penyandang disabilitas menjadi objek belas kasih untuk pembaca, unsur kepemilikan dari menjual kesedihan mereka di media, unsur Reduction to body terlihat dari media yang menggambarkan atlet disabilitas dari kondisi tubuh, dan unsur reduction to appearance dari pemilihan foto yang dipakai pada berita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia, S.Sos., M.A.
Uncontrolled Keywords: analisis wacana kritis, disabilitas, komodifikasi, media online, objektifikasi, olahraga disabilitas.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:21
Last Modified: 18 Sep 2023 08:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215320

Actions (login required)

View Item View Item