IMPLEMENTASI PROGRAM PEMOLISIAN MASYARAKAT (COMMUNITY POLICING)MELALUI FORUM KEMITRAAN POLISI DAN MASYARAKAT ( FKPM )(Studi FKPM Simpang Tigo Pasarbaru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan)

Gilang, Pratama Oskar (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM PEMOLISIAN MASYARAKAT (COMMUNITY POLICING)MELALUI FORUM KEMITRAAN POLISI DAN MASYARAKAT ( FKPM )(Studi FKPM Simpang Tigo Pasarbaru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK GILANG.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I GILANG.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
BAB VI PENUTUP GILANG.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA GILANG.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT GILANG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Gilang Pratama Oskar, No. BP : 0910842023, Implementasi Program Pemolisian Masyarakat (Community Policing) Melalui Forum Kemitraan Polisi Dan Masyarakat (FKPM) (Studi FKPM Simpang Tigo Pasar Baru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan), Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2017. Dibimbing oleh : Roza Liesmana, S.IP. M.Si dan Rozidateno Hanida. S.IP.M.PA. Skripsi ini terdiri dari 126 halaman dengan referensi 11 buku teori, 7 buku metode, 2 skripsi, 1 jurnal penelitian/ artikel, 8 Perundang-undangan, 1 dokumen, dan 2 website internet. Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) pada dasarnya dibentuk untuk melakukan percepatan terwujudnya Polisi Masyarakat. Keberadaan FKPM mencerminkan keterwakilan semua unsur dalam masyarakat secara bersama-sama dengan Kepolisian untuk mengatasi masalah-masalah sosial dalam untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Program Pemolisian Masyarakat (Community Policing) Melalui Forum Kemitraan Polisi Dan Masyarakat (FKPM) denganlokasi penelitian Simpang Tigo Pasarbaru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan teori implementasi Donald S. Van Meter dan Carl E. Van Horn dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Menurut Van Meter dan Van Horn ada enam variabel yang mempengaruhi pelaksanaan kebijakan/program, yaitu standar dan sasaran kebijakan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, disposisi implementor, komunikasi antar organisasi, dan lingkungan sosial, ekonomi dan politik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data adalah triangulasi sumber. Pemilihan informan dengan teknik purposive sampling. Peneliti menyimpulkan bahwa Implementasi FKPM Simpang Tigo Pasarbaru Kecamatan Bayang tidak berjalan dengan baik. Dalam pelaksanaannya masih ditemukan banyak permasalahan diantaranya:kurangnya sosialisasi program kepada masyarakat, kurangnya pemahaman masyarakat tentang FKPM, tidak adanya dana yang memang dialokasikan khusus bagi FKPM, serta Kondisi Sosial masyarakat yang tidak mendukung. Kata kunci : Implementasi, Polisi Masyarakat (Polmas), Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 26 Jan 2017 08:53
Last Modified: 26 Jan 2017 08:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/21529

Actions (login required)

View Item View Item