Register Yang Digunakan Oleh Anggota Organisasi Pramuka Di Sekolah Menengah Atas Semen Padang Kota Padang: Tinjauan Sosiolinguistik

Delfia, Resti Nurrul (2023) Register Yang Digunakan Oleh Anggota Organisasi Pramuka Di Sekolah Menengah Atas Semen Padang Kota Padang: Tinjauan Sosiolinguistik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text (BAB I Pebdahuluan)
BAB I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (470kB)
[img] Text (BAB IV Penutup)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text (Skripsi full)
Skripsi Full Delfia_merged.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Delfia Resti Nurrul, 2023 “Register yang digunakan oleh Anggota Organisasi Pramuka di Sekolah Menengah Atas Semen Padang”. Pembimbing I: Dr. Aslinda, M.Hum. Pembimbing II: Leni Syafyahya, S.S., M.Hum. Program Studi Sanstra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) register apa saja yang digunakan oleh anggota organisasi pramuka di Sekolah Menengah Atas Semen Padang kota Padang, 2) bagai mana bentuk register yang digunakan oleh anggota osrganisasi pramuka Sekolah Menengah Atas Semen Padang kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan register dan bentuk register yang digunakan anggota organisasi pramuka di Sekolah Menengah Atas Semen Padang, kota Padang Metode yang digunakan dalam tahap penyediaan data adalah metode simak dengan teknik dasarnya adalah teknik sadap. Pada penelitian ini penulis menyadap semua tuturan yang disampaikan oleh anggota organisasi pramuka pada saat anggota melaksanakan kegiatan latihan pramuka. Teknik lanjutannya adalah teknik simak bebas libat cakap (SBCL), dan teknik catat, selanjutnya penulis menyimak dan mencatat tuturan yang dibutuhkan sebagai data penelitian. Pada tahap analisis data, digunakan metode padan translasional dan metode padan pragmatis. Teknik dasar yang digunakan adalah teknik pilah unsur penentu (PUP), sedangkan teknik lanjutannya adalah teknik hubung banding memperbedakan (HBB). Dalam tahap penyajian hasil analisis data, metode yang digunakan adalah metode informal. Berdasarkan hasil analisis ditemukan data sebagai berikut: 1) register yang digunakan oleh anggota organisasi pramuka di Sekolah Menengah Atas Semen Padang kota Padang diantaranya, yaitu: kwarda, rainas, penggalang, penegak, bindamping, kontingen, pionering, bantara, kamabigus, setengah leher, ambalan, laksana, dan tiska. 2) dari data register tersebut ditemukan dua bentuk register yaitu register tertutup atau selingkung terbatas. Register tertutup atau selingkung terbatas diantaranya, yaitu: kwarda, penggalang, penegak, pionering, kamabigus, bantara, ambalan, laksana, dan tiska. Sementara itu yang termasuk register terbuka diantaranya, yaitu: rainas, kontingen, setengah leher, dan bindamping.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aslinda, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Register, Bentuk Register, Pramuka.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:40
Last Modified: 19 Sep 2023 01:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215268

Actions (login required)

View Item View Item