PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG DAUN BIDARA (Ziziphus mauritiana) SEBAGAI FEED ADDITIVE DALAM PAKAN TERHADAP PERFORMA ITIK RAJA

Gustianto, Degi Chandra (2023) PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG DAUN BIDARA (Ziziphus mauritiana) SEBAGAI FEED ADDITIVE DALAM PAKAN TERHADAP PERFORMA ITIK RAJA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan)
Bab 5 (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB)
[img] Text (Text full)
SKRIPSI FULL DEGI CHANDRA GUSTIANTO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung daun bidara (Ziziphus mauritiana) sebagai feed aditive dalam pakan terhadap performa itik Raja. Penelitian ini menggunakan itik Raja dengan jumlah 80 ekor itik selama 8 minggu. Kandang yang digunakan adalah kandang lantai kawat sebanyak 20 unit masing-masing dengan ukuran 70 x 70 x 60 cm. Setiap unit kandang diisi dengan 4 ekor Itik Raja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) 4 perlakuan yang terdiri dari perlakuan A (pakan dengan tepung daun bidara 0% sebagai kontrol), B (pakan dengan tepung daun bidara 1%), C (pakan dengan tepung daun bidara 2%), D (pakan dengan tepung daun bidara 3%). Peubah yang diamati adalah konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian tepung daun bidara pada itik Raja level yang terbaik adalah 2%, dengan nilai rataan konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum secara berturut-turut yaitu 4446,23 g/ekor, 1073,95 g/ekor dan 4,15. Dapat disimpulkan bahwa pemberian tepung daun bidara memberikan perngaruh sangat nyata terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Tertia Delia Nova, M.Si Dr. Ir. Zulkarnain, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 19 Sep 2023 05:04
Last Modified: 19 Sep 2023 05:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215218

Actions (login required)

View Item View Item