PENGUKURAN TINGKAT PENERIMAAN TEKNOLOGI (TECHNOLOGY ACCEPTANCE) BLOCKCHAIN Di PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Teluk Bayur

Boby, Rachman (2023) PENGUKURAN TINGKAT PENERIMAAN TEKNOLOGI (TECHNOLOGY ACCEPTANCE) BLOCKCHAIN Di PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Teluk Bayur. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover_Abstrak.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (Bab I)
Bab_1.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (Bab V)
Bab_5.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
Tesis_Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelabuhan berperan menciptakan suatu kerjasama terhadap pihak yang terkait dalam menghasilkan proses optimum untuk menjamin keandalan, pelayanan dan produktivitas yang baik. Mengingat teknologi dalam fase perkembangan awal dengan potensi manfaat yang besar untuk diterapkan, ini menunjukkan belum ada upaya dalam memahami pemanfaatan blockchain di pelabuhan Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan kajian empiris tentang bagaimana tingkat penerimaan teknologi (technology acceptance) para pelaku industri pelabuhan terhadap teknologi blockchain di Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan (technology acceptance) di pelabuhan berdasarkan pemanfaatan sistem teknologi blockchain. Perancangan kuesioner dilakukan dengan menggunakan variabel penelitian yang telah di identifikasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 16 responden yang berasal dari pihak PT Pelabuhan Indonesia (Persero) II Cabang Teluk Bayur. Pengolahan data dilakukan analisis statistik deskriptif dan Webbed berdasarkan temuan terkait. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan 12 contruks berdasarkan konteks teknologi blockchain didapatkan dengan Kategori Sangat Setuju. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat penerimaan terhadap pemanfaatan sistem teknologi blockchain dapat di terima di PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Teluk Bayur.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Henmaidi, ST.,M.Eng.Sc.,Ph.D Dr. Eng Desto Jumeno, M.T
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: s2 teknik industri
Date Deposited: 19 Sep 2023 04:46
Last Modified: 19 Sep 2023 04:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215181

Actions (login required)

View Item View Item