Strategi Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat Dalam Meningkatkan Pengawasan Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi COVID-19

Moureen, Frisca Agusti (2023) Strategi Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat Dalam Meningkatkan Pengawasan Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi COVID-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text (Bab akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB IV AKHIR.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masa pandemi COVID-19 yang membuat semua masyarakat harus berdiam diri di rumah agar penyebaran COVID-19 tidak menyebar dan lebih banyak memakan korban lagi. Akibat dari pembatasan aktivitas masyarakat, membuat sebagian masyarakat harus kehilangan pekerjaannya dan masyarakat harus ekerja di rumah (word from home). Hal ini juga berdampak kepada sistem pelayanan publik. Meningkatnya maladministrasi membuat pengaduan masyarakat terhadap pelayanan publik juga menjadi tinggi. Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat juga terkendala dengan sistem pengawasan yang menjadi online. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat dalam meningkatkan pengawasan pelayanan publik pada masa COVID-19. Penelitian ini menggunakan teori strategi yang dikemukakan oleh Kotten yang mengcakup 4 (empat) variabel yaitu strategi organisasi, strategi program, strategi sumber daya, dan strategi kelembagaan. Penelitian ini berlokasi di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat. Metode yang diterapkan yaitu metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Teknik keabsahan data dilaksanakan dengan menggunakan triangulasi sumber. Dari penelitian ini strategi yang digunakan oleh Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat sudah berjalan dengan cukup baik. Dimana dalam strategi organisasi sudah sejalan dengan visi dan misi Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat. Pada strategi program, Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat sudah menjalankan berbagai kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pandemi COVID-19 dengan anggaran yang sudah diberikan oleh Pemerintah Pusat. Pada strategi sumber daya Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat memiliki sumber daya aparatur yang rata-rata sudah sarjana dan juga memiliki sarana dan prasarana teknologi informasi seperti Youtube, Instagram, Twitter, Facebook, dan situs website. Pada strategi kelembagaan wewenang tertinggi berada pada kepada Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat sebagai pemberi instruksi perintah, penanggung jawab, serta memiliki standar operasional prosedur demi menjaga kualitas pelayanan terbebas dari maladministrasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Desna Aromatica, S.AP., M.AP
Uncontrolled Keywords: Strategi, Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat, COVID-19
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:59
Last Modified: 18 Sep 2023 08:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/215073

Actions (login required)

View Item View Item