ANALISIS TANTANGAN CALON KEPALA DAERAH PEREMPUAN DALAM PILKADA (STUDI KASUS CALON BUPATI BETTI SHADIQ PASADIGOE PADA PILKADA TAHUN 2020)

Anugrah, Putri (2023) ANALISIS TANTANGAN CALON KEPALA DAERAH PEREMPUAN DALAM PILKADA (STUDI KASUS CALON BUPATI BETTI SHADIQ PASADIGOE PADA PILKADA TAHUN 2020). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (534kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (528kB)
[img] Text (BAB 6 Penutup)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (452kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pilkada merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat untuk menghasilkan pemerintah yang demokratis yang dijadikan sebagai sarana guna melakukan penggantian pemimpin secara konstitusional. Pemilihan umum Bupati Kabupaten Tanah Datar tahun 2020 adalah pemilihan umum untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar periode 2021 – 2026. Pilkada serentak tahun 2020 ini, dari empat pasangan calon di Kabupaten Tanah Datar ada kandidat pasangan calon perempuan yang berani ikut dalam pesta akbar demokrasi ini. Pasangan nomor urut empat yaitu Betti Shadiq Pasadigoe dengan pasangannya Edytiawarman yang akan bertarung untuk menjadi nomor satu di Kabupaten Tanah Datar. Pada Pilkada serentak yang digelar di bulan Desember tahun 2020 sayangnya Betti Shadiq Pasadigoe dinyatakan kalah. Betti Shadiq Pasadigoe hanya memperoleh suara sebanyak 11.932 atau 26,6% (persen). Fokus dari penelitian ini adalah tantangan calon kepala daerah perempuan dalam Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Tanah Datar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan tantangan calon kepala daerah perempuan dalam Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Tanah Datar. Dalam menganalisis faktor-faktor tersebut peneliti menggunakan konsep tantangan calon kepala daerah perempuan dalam Pilkada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa tantangan calon kepala daerah perempuan dalam Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Tanah Datar, diantaranya adalah adanya hambatan sosio budaya dan hambatan ekonomi, pertama : adanya pandangan patriarki di Tanah Datar yang masih kental. Kedua : kurangnya finansial pada Betti Shadiq Pasadigoe pada saat mencalonkan diri menjadi kepala daerah di Tanah Datar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Indah Adi Putri, M.IP
Uncontrolled Keywords: Pilkada, Politik Perempuan, Tantangan
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:50
Last Modified: 18 Sep 2023 07:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214822

Actions (login required)

View Item View Item