APLIKASI KOMPOS KOTORAN AYAM DAN PUPUK SINTETIS TERHADAP SIFAT KIMIA ULTISOL DAN PRODUKSI JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata)

Dedek, Nuraini Putri (2023) APLIKASI KOMPOS KOTORAN AYAM DAN PUPUK SINTETIS TERHADAP SIFAT KIMIA ULTISOL DAN PRODUKSI JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (Skripsi full teks)
Skripsi_Dedek Nuraini Putri_1910231045.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ultisol adalah salah satu tanah yang memiliki tingkat kesuburan tanah yang rendah dikarenakan tanah dengan pelapukan lanjut dan sering tercuci oleh air hujan. Penambahan bahan organik dan pupuk sintetis adalah salah satu cara meningkatkan kesuburan Ultisol. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kombinasi kompos kotoran ayam dan pupuk sintetis terhadap sifat kimia Ultisol dan produksi tanaman jagung manis (Zea mays saccharata). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK), terdiri dari 5 perlakuan dengan 3 kali ulangan. Dosis perlakuan yang diuji adalah 0 rekomendasi pupuk organik + 0 rekomendasi pupuk sintetis sebagai kontrol, 0 PO+ 1 PS, ½ PO + ½ PS, 1 PO + 0 PS dan 1 PO + 1 PS. Hasil perlakuan terbaik yaitu pada dosis 1 PO + 1 PS dengan nilai pH 6,1, Al-dd tanah 0,14 me/100g, kadar N-total 0,40%, kandungan C-organik 3,39%, kandungan P-tersedia 27,25 ppm dan KTK tanah 27,18 me/100g dengan tinggi tanaman mencapai 244,88 cm menghasilkan produksi 23,1 ton/ha. Sifat kimia tanah pada masing-masing perlakuan mengalami peningkatan. Dengan pengaplikasian kompos kotoran ayam dan pupuk sintetis menunjukkan peningkatan hasil produksi dari tanaman jagung manis. Untuk efisiensi penggunaan pupuk disarankan memberikan perlakuan ½ PO + ½ PS dalam meningkatkan sifat kimia tanah dan produksi tanaman jagung manis pada Ultisol di Koto Luar, Kec. Pauh, Padang. Kata kunci: Pupuk Organik, Pupuk Sintetis, Sifat Kimia Tanah, Ultisol,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:28
Last Modified: 15 Sep 2023 07:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214648

Actions (login required)

View Item View Item