EFEKTIVITAS KONSORSIUM Beauveria bassiana Bals. DAN Metarhizium anisopliae TERHADAP Crocidolomia pavonana Fabricius (Lepidoptera : Crambidae)

CHANDARA MELISA, AZELIA (2023) EFEKTIVITAS KONSORSIUM Beauveria bassiana Bals. DAN Metarhizium anisopliae TERHADAP Crocidolomia pavonana Fabricius (Lepidoptera : Crambidae). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (KESIMPULAN)
KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (459kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Crocidolomia pavonana merupakan salah satu hama utama pada tanaman kubis�kubisan yang dapat menimbulkan kerugian secara ekonomis. Salah satu pengendalian C. pavonana yaitu menggunakan cendawan entomopatogen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari cendawan B. bassiana, M. anisopliae, dan konsorsium B. bassiana dan M. anisopliae terhadap C. pavonana. Penelitian dilakukan di Laboratorium Bioekologi Serangga dan Laboratorium Pengendalian Hayati Departemen Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 6 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan tersebut adalah cendawan B. bassiana, M. anisopliae, B.bassiana + M. anisopliae (1:1), B.bassiana + M. anisopliae (3:1), B.bassiana + M. anisopliae (1:3,), dan Kontrol. Parameter yang diamati yaitu mortalitas larva, waktu kematian (LT50), persentase pupa terbentuk, persentase imago terbentuk, masa pra-oviposisi; oviposisi; dan pasca-oviposisi, jumlah telur yang diletakkan dan persentase telur menetas. Data dianalisis dengan sidik ragam dan uji lanjut LSD pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan dengan cendawan entomopatogen B. bassiana, M. anisopliae, serta konsorsium B. bassiana dan M. anisopliae efektif menyebabkan mortalitas larva dengan masing-masing persentase 88% dan 100%, namun perlakuan dengan konsorsium dapat mempercepat waktu kematian (nilai LT50) larva uji dibandingkan dengan perlakuan isolat tunggal. Aplikasi cendawan entomopatogen juga berpengaruh terhadap pembentukan pupa dan imago.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 15 Sep 2023 04:48
Last Modified: 15 Sep 2023 04:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214640

Actions (login required)

View Item View Item