POTENSI BAKTERI ENDOFIT SEBAGAI PENGENDALI HAYATI PENYAKIT MOLER YANG DISEBABKAN OLEH Fusarium oxysporum f.sp cepae PADA BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.)

Sri, Lestari Kurnia Siregar (2023) POTENSI BAKTERI ENDOFIT SEBAGAI PENGENDALI HAYATI PENYAKIT MOLER YANG DISEBABKAN OLEH Fusarium oxysporum f.sp cepae PADA BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
ABSTRAK DAN COVER.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penyakit moler pada tanaman bawang merah disebabkan oleh F. oxysporum f.sp cepae (FOCe). Penyakit ini tergolong penyakit penting pada tanaman bawang merah karena dapat menimbulkan kerusakan hingga 50%. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bakteri endofit yang terbaik dalam menekan perkembangan penyakit moler dan meningkatkan pertumbuhan serta hasil tanaman bawang merah. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi dan Laboratorium Fitopatologi Departemen Proteksi Tanaman serta di Kebun Percobaan, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang pada bulan Januari sampai Mei 2023. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 8 perlakuan (6 jenis bakteri endofit yang berbeda, kontrol positif, kontrol negatif) dan 3 ulangan. Bakteri endofit yang digunakan adalah B. cereus P14, B.cereus Se07, Bacillussp. HI, Bacillussp. SJI, S. marcescens ULG1E2, dan S. marcescens JB1E3. Bakteri endofit diintroduksi pada umbi bawang merah dengan cara merendam umbi sebelum ditanam dan dilakukan inokulasi FOCe disekitar perakaran pada umur tanaman 4 minggu. Variabel yang diamati yaitu perkembangan penyakit moler, pertumbuhan tanaman, umbi yang busuk, dan hasil bawang merah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bakteri endofit memiliki potensi dalam menekan perkembangan penyakit moler dan meningkatkan pertumbuhan serta hasil tanaman bawang merah dibandingkan kontrol. S. marcescens JB1E3 merupakan bakteri endofit yang memiliki kemampuan terbaik dalam menekan perkembangan penyakit moler dengan efektivitas penekanan keparahan penyakit 52,25 % dan meningkatkan hasil tanaman bawang merah dengan efektivitas peningkatan berat umbi 36,66 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Yenny Liswarni, MP.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 15 Sep 2023 09:21
Last Modified: 15 Sep 2023 09:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214549

Actions (login required)

View Item View Item