Pengaruh Pembatasan Pakan Pada Entok Jantan Yang Dilanjutkan Pemulihan Terhadap Laju Pertumuhan Bobot Ventrikulus Panjang dan Tebal Usus

Muhammad, Fauzan (2023) Pengaruh Pembatasan Pakan Pada Entok Jantan Yang Dilanjutkan Pemulihan Terhadap Laju Pertumuhan Bobot Ventrikulus Panjang dan Tebal Usus. Diploma thesis, Universitas Andalas Fakultas Peternakan.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
TEXT (COVER & ABSTRAK) (2).pdf - Published Version

Download (410kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
Text (BAB I Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (392kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan)
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (325kB)
[img] Text (FULL Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembatasan pakan pa-da entok jantan yang dilanjutkan dengan pemulihan terhadap laju pertumbuhan, bobot ventrikulus, panjang dan tebal usus. Penelitian ini menggunakan 60 ekor DOD entok jantan dan perlakuan dimulai pada umur 2 sampai 10 minggu. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 kelompok, setiap unit kelompok terdiri dari 3 ekor entok jantan. Perlakuan dalam penelitian ini terdiri dari A (tanpa pem-batasan pakan), B (pembatasan pakan 15%), C (pembatasan pakan 30%) dan D (pembatasan pakan 45%) selama 3 minggu. Setelah dilakukan pembatasan dilanjutkan dengan pemulihan dengan pemberian pakan ad libitum ke semua per-lakuan selama 5 minggu. Parameter yang diamati adalah laju pertumbuhan, bobot ventrikulus, panjang dan tebal usus. Data dianalisis menggunakan analisis keraga-man dan apabila terdapat hasil yang signifikan dilakukan uji lanjut DMRT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembatasan pakan memberikan pengaruh nyata (P<0,05) menurunkan laju pertumbuhan . Pemberian pakan secara ad libitum pada masa pemulihan sampai akhir penelitian memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) meningkatkan laju pertumbuhan serta tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap bobot ventrikulus, panjang dan tebal usus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian pakan adlibitum selama 5 minggu setelah dil-akukan pembatasan pakan selama 3 minggu pada entok jantan menghasilkan laju pertumbuhan tertinggi yang menyentuh angka 1,068, bobot ventrikulus 4,08 (%Bh) Panjang usus 170,40 cm, tebal usus 0,041 (g/cm). Kata Kunci : Entok, Pembatasan Pakan, Pemulihan Pakan, laju pertumbuhan, bobot ventrikulus, panjang usus dan tebal usus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Sabrina, MP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:34
Last Modified: 18 Sep 2023 07:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214471

Actions (login required)

View Item View Item