HUBUNGAN PERILAKU IBU, PENYAKIT INFEKSI, DAN STATUS EKONOMI KELUARGA DENGAN STATUS GIZI BALITA USIA 24-59 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG TAHUN 2023

Arthala, Citra Paramitha (2023) HUBUNGAN PERILAKU IBU, PENYAKIT INFEKSI, DAN STATUS EKONOMI KELUARGA DENGAN STATUS GIZI BALITA USIA 24-59 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (Bab 6)
BAB 6 (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT ARTHALA CITRA PARAMITHA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Permasalahan status gizi masih menjadi masalah utama yang ditandai dengan kejadian gizi buruk dan kurang pada balita yang disebabkan oleh multifaktor. Diantaranya asupan makan, penyakit infeksi, perilaku ibu, hingga faktor status ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku ibu, penyakit infeksi, dan status ekonomi keluarga dengan status gizi balita usia 24-59 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang tahun 2023. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari-Agustus 2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proporsional random sampling sebanyak 107 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, pengukuran berat badan dan tinggi badan pada balita. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil Hasil analisis univariat menunjukkan status gizi balita sebagian besar dengan status gizi baik (78,5%), perilaku ibu yang kurang (70,1%), balita yang mengalami penyakit infeksi (54,2%), dan status ekonomi keluarga yang rendah (47,7%), analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan perilaku ibu, penyakit infeksi, dan status ekonomi keluarga dengan status gizi balita (p<0,005). Kesimpulan Terdapat hubungan perilaku ibu, penyakit infeksi, dan status ekonomi keluarga dengan status gizi balita usia 24-59 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kota Padang tahun 2023.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syahrial, S.K.M., M.Biomed
Uncontrolled Keywords: penyakit infeksi, perilaku, status ekonomi keluarga, status gizi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 18 Sep 2023 06:52
Last Modified: 18 Sep 2023 06:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214455

Actions (login required)

View Item View Item