Analisis Usaha Pengolahan Rosella Pada Usaha Adsari (Hibiscus Sabdariffa L.) Di Kelurahan Bagan Pete Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi

Tiara, Silvia (2023) Analisis Usaha Pengolahan Rosella Pada Usaha Adsari (Hibiscus Sabdariffa L.) Di Kelurahan Bagan Pete Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka .pdf - Published Version

Download (423kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil usaha pengolahan rosella, menganalisis keuntungan, serta sensitivitas perubahan harga input bahan baku dan penolong terhadap besarnya keuntungan usaha Adsari di Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret tahun 2023. Metode yang digunakan deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus perhitungan keuangan menggunakan variable costing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha Adsari adalah usaha rumah tangga yang memproduksi pengolahan rosella sejak tahun 2010 dengan jumlah pekerja tiga orang termasuk pimpinan usaha. Pada aspek keuangan usaha dari awal berdiri berasal dari modal pribadi dan belum memiliki pencatatan keuangan sesuai kaidah akuntansi. Pada aspek pemasaran usaha Adsari telah menjual kedua jenis produknya melalui distribusi langsung dan tidak langsung. Selama periode satu bulan penelitian Maret 2023 usaha Adsari telah memperoleh keuntungan adalah sebesar Rp 5.374.325,-. Keuntungan paling tinggi adalah produk dodol rosella sebesar Rp 5.057.808,- dengan persentase keuntungan 32%, sedangkan untuk produk teh herbal rosella keuntungan sebesar Rp 316.516,- dengan persentase keuntungan 19%. Analisis sensitivitas pada kenaikan harga input bahan baku dan penolong pada persentase 85% menyatakan bahwa usaha Adsari akan mendapatkan kerugian pada produk teh herbal mencapai (-0,14%), sedangkan produk dodol rosella masih memperoleh keuntungan sebesar 16%. Saran yang diberikan kepada pelaku usaha dapat mempromosikan usaha menggunakan digital marketing agar meningkatkan penjualan, serta membuat pencatatan keuangan sesuai standar akuntansi yang benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Cipta Budiman, S. Si. MM
Uncontrolled Keywords: Analisis usaha, Bauran pemasaran, Keuntungan, Rosella, Sensitivitas
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 15 Sep 2023 04:04
Last Modified: 15 Sep 2023 04:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214417

Actions (login required)

View Item View Item