ANALISIS PROGRAM PELAYANAN VCT (VOLUNTARY COUNSELING AND TESTING) HIV DI PUSKESMAS SEBERANG PADANG DAN PUSKESMAS ANDALAS TAHUN 2023

Aulia, Shalsabila (2023) ANALISIS PROGRAM PELAYANAN VCT (VOLUNTARY COUNSELING AND TESTING) HIV DI PUSKESMAS SEBERANG PADANG DAN PUSKESMAS ANDALAS TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (90kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (453kB)
[img] Text (Bab 6 Kesimpulan dan Saran)
Bab akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Aulia Shalsabila_1911213022_Watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)

Abstract

Tujuan Penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam pelaksanaan VCT HIV/AIDS dan perbandingan pelaksanaannya di Puskesmas Seberang Padang dan Puskesmas Andalas tahun 2023. Metode. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan selama bulan Januari-Juni 2023. Informan penelitian terdiri dari 18 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, telaah dokumen, observasi, dan FGD. Analisa data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil. SDM yang tersedia pada kedua puskesmas sudah mencukupi dan seluruh SDM pernah mendapatkan pelatihan. Ketersediaan dana pada kedua puskesmas belum mencukupi. Sarana dan prasarana sudah mencukupi dan memiliki kondisi yang baik SOP pada kedua puskesmas telah memenuhi indikator. Penyusunan dan pelaksaanaan kegiatan perencanan pada kedua puskesmas sudah terlaksana dengan baik. Pelaksanaan pelayanan VCT sudah terlaksana. Pelaksanaan pada Puskesmas Seberang Padang terdapat kegiatan yang belum sesuai dengan SOP. Pengorganisasian pada Puskesmas Seberang Padang belum optimal. Evaluasi pelayanan VCT di kedua puskesmas terintegrasi dengan pelayanan lain sedangkan pencatatan dan pelaporan telah dilaksanakan sesuai pedoman. Capaian pemeriksaan VCT di Puskesmas Seberang Padang sudah mencapai target sedangkan di Puskesmas Andalas belum mencapai target. Kedua puskesmas mengalami peningkatan pemeriksaan VCT. Kesimpulan. Perbandingan pelaksanaan pelayanan kedua puskesmas belum optimal dan masih memiliki kekurangan dari beberapa aspek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hamidatul Yuni, SST., M.Kes
Uncontrolled Keywords: VCT, HIV, AIDS
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:41
Last Modified: 15 Sep 2023 03:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214392

Actions (login required)

View Item View Item