GAMBARAN ACADEMIC BUOYANCY SISWA SMA DI KOTA PADANG PADA MASA PEMULIHAN KRISIS PEMBELAJARAN

Hanifatuzzahrah, Hanifatuzzahrah (2023) GAMBARAN ACADEMIC BUOYANCY SISWA SMA DI KOTA PADANG PADA MASA PEMULIHAN KRISIS PEMBELAJARAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Full skripsi Hanifatuzzahrah.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Perubahan metode belajar dari daring menuju luring memberikan dampak lanjutan, siswa SMA mengalami situasi yang sulit di masa pemulihan krisis pembelajaran. Adanya academic buoyancy dapat mendorong kemampuan siswa untuk membangun perilaku dan keyakinan positif sehingga membentuk ketahanan dalam menghadapi hambatan di masa pemulihan krisis pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana gambaran academic buoyancy siswa SMA di kota Padang pada masa pemulihan krisis pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengambilan data menggunakan wawancara yang kemudian di analisis dengan metode interpretative phenomenological analysis (IPA). Penelitian ini dilakukan kepada tiga orang partisipan yang merupakan siswa SMA di kota Padang serta pernah mengikuti metode pembelajaran daring dan luring. Berdasarkan analisis hasil penelitian, terdapat dua tema utama yaitu everyday hassles dan coping. Untuk tema everyday hassles terdiri atas peningkatan beban tugas, materi pembelajaran semakin rumit, target nilai meningkat, dan tuntutan sekolah favorit. Selanjutnya, tema coping dengan bentuk upaya manajemen waktu, berinisiatif belajar mandiri, memandang hambatan secara optimis, dan fokus pada tujuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya academic buoyancy, siswa SMA di kota Padang akan mampu menangani hambatan pembelajaran yang muncul di masa pemulihan krisis pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Dessy Arisanty, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Academic Buoyancy, Siswa SMA, Pemulihan Krisis Pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: S1 Psikologi Psikologi
Date Deposited: 14 Sep 2023 09:14
Last Modified: 14 Sep 2023 09:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214357

Actions (login required)

View Item View Item