Kajian Sifat Fisika Tanah dan Emisi Gas Karbondioksida (CO2) Pada Beberapa Umur Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis guineensis jacq.) Rakyat di Nagari Ladang Panjang Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman

Nadilla, Ulfa (2023) Kajian Sifat Fisika Tanah dan Emisi Gas Karbondioksida (CO2) Pada Beberapa Umur Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis guineensis jacq.) Rakyat di Nagari Ladang Panjang Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Diploma thesis, Andalas University.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kondisi fisika suatu lahan merupakan faktor penting dalam budidaya tanaman. Peningkatan umur tanaman dapat mempengaruhi sifat fisika tanah dan emisi gas karbondioksida akibat perbedaan luasan tajuk dan volume akar tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sifat fisika tanah dan emisi gas CO₂ yang dilepaskan oleh tanah di kebun kelapa sawit rakyat pada umur tanaman yang berbeda. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Desember 2022 – Mei 2023 di Nagari Ladang Panjang, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman dan di Laboratorium Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan metoda survey, dimana sampel tanah diambil berdasarkan kelompok umur tanaman (5, 10, 15, 20, dan 25 tahun) kelapa sawit. Parameter yang dianalisis yaitu tekstur tanah, BV, TRP, permeabilitas, stabilitas aggregat tanah, bahan organik, dan emisi CO2 dari tanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekstur tanah diwilayah penelitian didominasi oleh liat. Kandungan bahan organik meningkat dari sangat rendah hingga sedang, stabilitas aggregat dari tidak mantap hingga mantap, permeabilitas dari agak rendah hingga agak cepat dengan bertambahnya umur tanaman. Sedangkan nilai BV dan TRP tergolong sedang untuk semua umur tanaman. Emisi gas CO2 berkorelasi positif dengan bahan organik tanah (r = 0,657), % liat (r = 0.657), dan stabilitas agregat (r = 0.561), serta berkorelasi negatif dengan % pasir (r = -0,721). Dapat disimpulkan bahwa peningkatan umur tanaman kelapa sawit dapat memperbaiki sifat fisika tanah dan mengurangi emisi CO2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Yulnafatmawita, M.Sc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:41
Last Modified: 14 Sep 2023 08:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214342

Actions (login required)

View Item View Item