Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Berdasarkan Persepsi Pasien Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau

Muhammad, Faridz Suwanda (2023) Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Berdasarkan Persepsi Pasien Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover-Abstrak (1).pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1 (1).pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text (Bab 6)
Bab 6.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (Skripsi Full)
1910931006_Muhammad Faridz Suwanda.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau masih belum optimal, pertama dilihat dari kunjungan pasien pada Instalasi Gawat Darurat pelayanan sudah sesuai dengan capaian atau target yang ditetapkan Sehingga pelayanan yang diberikan sudah mencapai harapan dari pasien yang berkunjung. Lalu pada instalasi rawat inap terdapat beberapa indikator digunakan sebagai penilaian berupa laporan indikator pelayanan yang masih belum berada pada nilai ideal dengan standar Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Sedangkan instalasi rawat jalan RSUD Arifin Acmad Provinsi Riau terdapat beberapa indikator yang tercantum digunakan sebagai penilaian dari pelayanan tersebut apakah sudah sesuai dengan SPM RSUD Arifin Achmad. Terlihat dua indikator dalam penilaian pelayanan rawat jalan. tersebut tidak mencapai target yaitu indeks kepuasan pelanggan dan waktu menunggu pelayanan instalasi rawat jalan yang ditetapkan oleh SPM RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Hal tersebut dapat mempengaruhi kepuasan pasien karena pelayanan yang diberikan masih di bawah harapan pasien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur kualitas pelayanan yang perlu ditingkatkan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, mengetahui prioritas atribut pelayanan yang harus ditingkatkan dalam mencapai kepuasan pasien dan menentukan rekomendasi perbaikan untuk atribut dengan kualitas yang kurang berdasarkan harapan pasien. Pengukuran kualitas pelayanan menggunakan metode ServQual. Selanjutnya juga dilakukan pengukuran dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui tingkat kepentingan masing-masing indikator. Serta usulan perbaikan pelayanan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan nilai gap harapan dan persepsi secara keseluruhan yaitu -0,288 pada rawat inap dan -0,237 pada rawat jalan. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau belum mampu mencapai harapan pasien. Kemudian didapatkan 4 atribut yang masuk kedalam area yang harus diperbaiki (kuadran I) pada rawat inap dan tiga atribut masuk kedalam area yang harus diperbaiki (kuadran I).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir Afri Adnan, M.T Prima Fithri,M.T
Uncontrolled Keywords: Importance Performance Analysis, Kualitas Pelayanan Kesehatan, QFD , Service quality
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:23
Last Modified: 15 Sep 2023 07:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214317

Actions (login required)

View Item View Item