ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN IMUNISASI MEASLES RUBELLA PADA BULAN IMUNISASI ANAK SEKOLAH (BIAS) DI SD WILAYAH KERJA PUSKESMAS NANGGALO PADANG TESIS

Rania, Suilia (2023) ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN IMUNISASI MEASLES RUBELLA PADA BULAN IMUNISASI ANAK SEKOLAH (BIAS) DI SD WILAYAH KERJA PUSKESMAS NANGGALO PADANG TESIS. Masters thesis, fAKULTAS KEPERAWATAN.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK RANIA.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (Bab I)
BAB 1 WATERMARK RANIA.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text (Bab Akhir)
BAB 7 WATERMARK RANIA.pdf - Published Version

Download (277kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFPUS WATERMARK RANIA.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (Tesis Fulltext)
TESIS RANIA SUILIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Nama : Rania Suilia NIM : 2121312043 Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Cakupan Imunisasi Measles Rubella Rendah pada Bulan Imunisasi Anak Sekolah di SD Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo, Padang ABSTRAK Imunisasi Measles Rubella adalah vaksin untuk mencegah penyakit campak dan rubella. MR merupakan penyakit menular yang dapat menginfeksi siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa muda sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Cakupan imunisasi MR mengalami penurunan dari tahun ke tahun, dari tahun 2019 sebesar 87% menjadi 42,4% pada tahun 2021. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi cakupan imunisasi measles rubella rendah. Jenis penelitian ini adalah mix-method dengan desain sequential explanatory. Jumlah sampel data kuantitatif sebanyak 136 responden dengan ibu yang mempunyai anak kelas 1 SD. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan analisa kualitatif sebanyak 6 orang partisipan secara purposive sampling. Hasil data kuantitatif didapatkan hubungan yang bermakna antara sikap, kepercayaan dan dukungan keluarga dengan cakupan imunisasi MR rendah, namun tidak terdapat hubungan yang bermakna antara Pengetahuan, dukungan petugas kesehatan dan dukungan tokoh masyarakat. Kesimpulan : diantara beberapa faktor yang berhubungan, terdapat 3 faktor yang paling berpengaruh yaitu kepercayaan sebesar 22,962, dukungan keluarga sebesar 5,606 dan sikap sebesar 7,148. Hasil data kualitatif menemukan lima tema yaitu : Pandangan ibu terkait pemberian imunisasi dan penyakit campak-rubella, Strategi ibu dalam mengatasi penyakit campak pada anak dan meyakinkan keluarga terkait imunisasi MR, Krisis kepercayaan orang tua dalam memberikan imunisasi, Hambatan pemberian imunisasi dan Paparan informassi tetang imunisasi. Dinas Kesehatan dan Puskesmas Nanggalo dapat memberikan promosi kesehatan yang lebih optimal kepada masyarakat dalam meningkatkan cakupan imunisasi Measles Rubella. Kata kunci : cakupan; imunisasi measles rubella; sekolah dasar Daftar Pustaka : 105 (2016-2023)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S.Kep., M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 14 Sep 2023 09:24
Last Modified: 14 Sep 2023 09:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214252

Actions (login required)

View Item View Item